Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilih Pelek All New Avanza Xenia, Terinspirasi Garis Bodi Sporti

billy - Rabu, 30 November 2011 | 07:08 WIB
Pilih Pelek All New Avanza Xenia, Terinspirasi Garis Bodi Sporti
Pilih Pelek All New Avanza Xenia, Terinspirasi Garis Bodi Sporti

Pilih Pelek All New Avanza Xenia, Terinspirasi Garis Bodi Sporti
Pilih Pelek All New Avanza Xenia, Terinspirasi Garis Bodi Sporti
 
JAKARTA - All New Avanza dan Xenia memang memiliki tampilan yang lebih sporti dibanding versi lamanya. Garis bodi yang serba melengkung hingga ke gril depan memang sangat menginspirasi untuk melakukan modifikasi. Setelah edisi lalu mengulas ubahan pada bodi yang bisa dilakukan, sekarang beralih ke pelek.

“Untuk All New Avanza dan Xenia yang paling cocok memang pakai pelek bergaya sporti model palang atau jari-jari,” ungkap Andre dari Rajawali Auto Gallery di Warung Buncit Raya, Jaksel. Seperti pelek buatan Taiwan model HS 27 jari-jari ini. Ukuran yang tersedia 15 x 6,5 inci dengan off set 40 double PCD. Dijual Rp 3,1 juta 4 buah.

Selain itu bisa pakai replika Volks Racing CE28 atau TE37. Tipe yang disebut pertama masih bergaya jari-jari. Sedang yang berikutnya model palang agak besar.

 
Biasanya palang 6 atau delapan. Tujuannya buat mengimbangi desain bodi yang membulat. Tersedia ukuran 15-17 inci. “Harga pelek ini berkisar diangka Rp 3-4 jutaan (4 buah),” ujar Furanis dari FRC Motorsport di bilangan Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

“Lantas buat yang ingin tampil elegan mungkin bisa menggunakan pelek yang lebih tertutup,” terang Fufu, sapaan akrab Furanis. 

 
Atau bisa juga dengan memilih pelek dengan lapisan chrome dan agak celong. Meski desainnya model palang atau jari-jari rapat tapi kalau berlapis krom akan terlihat lebih elegan.

Atau mau mengombinasi sporti dan elegan juga bisa. Yaitu dengan memilih pelek dengan lapisan cat dan krom. Biasanya palangnya krom bibirnya warna atau sebaliknya.

 
“Tinggal menyesuaikan dengan warna bodi, tapi enggak masalah sih sesuai selera aja,” jelas Andre.

Perlu diketahui kedua mobil di atas menggunakan pelek standar berdiameter 13-15 inci, baut 4 dengan PCD 114,3. Off set-nya diangka 40-45.

 
Makanya jika ingin melakukan ubahan tanpa mengganggu fungsi paling banyak diameter naik dua tingkat. Misalnya 13 jadi 15, 14 jadi 16 atau 15 jadi 17.
 
“Diameter maksimal pelek yang bisa digunakan tanpa harus melakukan ubahan adalah 17 inci,” ungkap  Fufu. Selain masih nyaman buat harian pemasangan juga enggak repot.

“Bisa dibilang tidak ada ubahan pada struktur kaki-kaki sebagai dudukan pelek di tipe baru ini. Masih sama dengan yang lama. Hanya kemampuan sistem suspensi belakang saja yang lebih baik,” terang Edwin Prihadi kepala bengkel Tunas Toyota Mampang, Jaksel.

“Masalah utama Avanza adalah mangkok dudukan bawah sokbreker depan yang terlalu rendah dan bisa mentok ke telapak ban,” ungkap Fufu. Pakai ukuran di bawah itu jauh lebih aman.

Jadi kalau memilih pakai pelek 17 inci ban juga harus disesuaikan. Ukuran yang cocok adalah 205/45-17 atau bisa 215/40-17. “Kalau lebih dari itu bisa mentok dudukan sokbreker, kecuali mangkoknya dicoak atau geser ke atas,” tutup Andre. Untuk lebih lengkapnya contoh pelek bisa lihat di halaman 8 Otobursa.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa