Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setting Headlamp, Biar Fokus Lebih Bagus

billy - Selasa, 29 November 2011 | 15:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Satu-satunya alat penerang ke jalan adalah lampu utama. Tentu harus bisa menyinari bagian depan tunggangan agar pandangan pengemudi tetap luas dan jelas. Namun, tidak sampai mengganggu pengguna jalan lain di sekitarnya terutama pengguna kendaraan lain yang datang dari arah berlawanan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapat sinar fokus yang bagus.

Pantulan Reflektor
Agar bisa menyinari ke permukaan jalan yang baik, sinar lampu dipantulkan melalui reflektor sehingga sinarnya menjadi lebih menyebar ke bagian depan. Tetapi, sinar ini harus membentuk sinar yang jelas.

"Bagian bawah, menjadi bagian yang disinari dengan rata, sedangkan atasnya harus benar-benar gelap," ungkap Kelvin Aliwarga dari DS HID, di kawasan Gatot Subroto, Jaksel. Jika tidak, tentu artinya belum fokus.

Dari sisi bohlam lampunya, menurut lelaki 24 tahun itu kebanyakan sudah memiliki sinar yang fokus. "Lampu halogen umumnya sudah fokus, bagi merek apa pun," ujarnya. Jadi, yang perlu diperhatikan adalah posisi saat bohlam tadi terpasang ke batok lampunya.


Pengukuran fokus menggunakan alat, bisa menggunakan dasar ukuran dari titik yanga ada di headlamp (gbr.1). Namun, karena sinar dari bohlam sudah fokus, yang penting dilakukan adalah beberapa hal soal pemasangan bohlamnya.

"Tujuannya agar sinar yang dipantulkan dari reflektor mampu menyinyari dengan baik ke depan," jelas Kelvin. Perhatikan posisi lampu di belakang batok lampunya. Tiap sisi harus terpasang tepat dan kakinya terpasang sesuai dengan celah yang ada pada lubang lampu. (gbr.2).

Jika terpasang dengan tepat, maka sinar lampunya akan terlihat kontras, antara gelap dan terang. Coba arahkan tunggangan pada dinding dengan jarak sekitar 7 hingga 10 meter. "Akan terlihat bagian atas sinarnya gelap dan di bawah terang (gbr.3)," tukas Kelvin.

Sinar itu terlihat sangat jelas di mana bagian gelapnya harus benar-benar gelap tanpa ada ‘bias' dari sinar yang terang. Nah, soal ketinggian dan arah sinar lampunya bisa disetel melalui setelan lampu menggunakan obeng plus (+) (gbr.4).  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa