Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelumas Honda, Jangan Lupa Perawatan Oli Transmisi

billy - Sabtu, 19 November 2011 | 14:05 WIB
Pelumas Honda, Jangan Lupa Perawatan Oli Transmisi
Pelumas Honda, Jangan Lupa Perawatan Oli Transmisi

JAKARTA - Banyak pemilik Honda City dan Honda Jazz generasi awal yang mengeluhkan kerusakan transmisi CVT. Jika diperhatikan sebenarnya kerusakan itu tidak bakal terjadi kalau rutin mengganti oli matiknya setiap 20.000 km.

“Ganti oli transmisi matik CVT milik Honda Jazz dan Honda City i-DSI dan VTEC setiap 20 ribu km, biayanya cuma Rp 299 ribuan, belum termasuk pajak!,” ujar Bowo, Service Advisor Honda Bintaro. Tak hanya itu, biaya jasa gratis lo! “Kalau bisa malah sebelum 20.000 km sudah ganti, supaya lebih awet,” tambahnya.

Masih menurutnya, kalau jam pemakaian mobil cukup tinggi. “Kalau sering telat ganti oli biasanya yang paling sering kena itu control unitnya yang mengatur pelumasan olinya,” jelas pria ramah ini. Nah, penggantian unit ini memakan biaya sekitar Rp 4 jutaan berikut biaya pasang.

Lebih parah lagi bisa kena start clutch atau plat kopling bagian dalam, biaya penggantiannya sekitar Rp 8-9 jutaan. Tapi yang paling parah kalau belt CVT-nya sampai rusak, biayanya bisa sampai Rp 30 jutaan. Malah kalau ganti satu unit transmisi matik CVT baru harganya mencapai Rp 45 juta!   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa