Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Ringan Perawatan Knalpot Kendaraan Jarang Pakai

billy - Minggu, 13 November 2011 | 09:14 WIB
No caption
No credit
No caption

 
JAKARTA - Banyak orang menganggap mobil yang jarang dipakai knalpotnya tidak akan bermasalah, justru kondisi tersebut bisa menyebabkan knalpot keropos karena karat,” jelas wanto juragan Purbalingga Motor, spesialis knalpot.

Timbulnya karat yang menyebabkan knalpot keropos diakibatkan karena endapan air yang mengembun. Apalagi jika mobil tersebut menggunakan bahan bakar Pertamax. Kandungan oktan yang tinggi juga ikut mengendap di dalam knalpot. Bisa dibayangkan jika mobil tidak digunakan atau dipanaskan maka endapan tersebut lama kelamaan akan mengakibatkan karat.

“Kalau karat sudah timbul, maka tinggal tunggu waktu saja knalpot akan keropos”, papar Wanto lagi. Lanjutnya, kalau sudah keropos ketahuan dari suaranya. Nah, agar knalpot mobil Anda terhindar dari keropos, Wanto punya resep sederhana. “Kalau memang mobil tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama, panaskan mesin secara rutin,” ungkap pria yang sudah bergelut di dunia knalpot selama puluhan tahun ini. Tambahnya, ketika mesin hendak dimatikan, tekan pedal gas hingga mencapai rpm tinggi sebanyak dua kali. “Hal ini untuk membuang kandungan air yang terdapat di dalam knalpot,” bilang Wanto lagi.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa