Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wiper Depan Nissan X-Trail, Upgrade Kala Buram

billy - Selasa, 1 November 2011 | 16:02 WIB
Wiper Depan Nissan X-Trail, Upgrade Kala Buram
Wiper Depan Nissan X-Trail, Upgrade Kala Buram

Otomotifnet.com - Musim hujan diprediksi sudah akan mulai akhir tahun ini. Masalah yang kerap terjadi adalah seputar wiper kaca depan.

Termasuk Nissan X-Trail yang sempat dikeluhkan karena kurang baik mengghapus derasnya air di kaca.

"Wiper orisinilnya kurang bagus, malah bikin berkabut dan cukup mengganggu kalau hujan di malam hari," bilang Joshua Situmorang, pemilik X-Trail 2.5 Xt 2011.

Namun sebagai anak klub XCI (X-Trail Community Indonesia) selalu punya inovasi, masalah itu bukan halangan. Mewakili para pencinta SUV Nissan ini, Joshua kasih tips.

"Gue sekarang ganti produk aftermarket punya All-New Honda CR-V yang frame plastik," bilang anggota XCI termuda ini (Gbr. 1).

Di pasaran, wiper plastik tersebut mirip model frameless tapi masih pakai frame yang terbuat dari plastik. Sehingga bentuknya melengkung kayak frameless dan biasa disebut dengan istilah wiper pisang (Gbr. 2).

Pengakuan pelajar SMU di Bogor ini, kualitas karet dan modelnya (melengkung, red) bisa menyapu air jauh lebih baik dari produk aslinya yang masih berbentuk rata dan ber-frame besi. "Modelnya juga udah kayak All-New CR-V, lebih keren," akunya.

Lantas, kenapa harus pakai punya CR-V, padahal ukurannya kan berbeda? Kalau wiper X-Trail berukuran 24 inci (kanan/depan sopir) dan 16 inci (kiri/depan penumpang depan). Sementara All-New CR-V 26 inci dan 17 inci. "Memang lebih panjang tapi masih bisa dipakai kok," ujarnya.

Wiper Depan Nissan X-Trail, Upgrade Kala Buram
Wiper Depan Nissan X-Trail, Upgrade Kala Buram

Menurut Hendry Sukmana dari toko VariasiVariasi di Pasar Mobil Kemayoran, upgrade ukuran wajar dilakukan pemilik mobil.

Namun, enggak boleh sembarangan karena kedua batang wiper bisa beradu karena kepanjangan. "Maksimal naik 2 inci masih bisa tapi itu juga lihat mobilnya," sarannya.

Nah, untuk pelepasan pun ada caranya. Untuk X-Trail maupun All-New CR-V pakai batang wiper model hook arm (Gbr. 3). Sehingga ada perlakuan khusus untuk membuka wiper.

"Tekan penguncinya lebih dulu lalu geser ke bawah wiper untuk melepaskannya,"ujar Saryadi, foreman bengkel resmi Nissan Puri Indah, Jakbar (Gbr. 4).

Nah, untuk proses pemasangannya lagi, ikut langkah kebalikan dari saat pelepasan di atas. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa