Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Holder Pelat NoPol, Cukup Pakai Tools Kit Standar

billy - Selasa, 20 September 2011 | 12:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Hore... setelah beberapa bulan tidak ada stok karena model dan ukuran pelat nomor Polisi (nopol) baru berbeda dari yang lama, kini pemilik mobil boleh lega hati. Pasalnya sudah tersedia holder atau casing untuk pelat nopol baru sehingga tak perlu membolongi pelat segala. Ada produk yang dikeluarkan oleh dealer resmi dan aftermarket.

Menurut Rissa Yaniar dari part & accessories dept. TSO (Auto2000) yang mengeluarkan holder resmi Auto2000 ini, pemasangannya cukup mudah. "Kita buat mudah hanya dengan tools kit standar di mobil, pemilik mobil bisa pasang sendiri," terang pria yang berkantor pusat di Sunter, Jakut ini. Coba yuk!

CLIP HOLDER
Nah, sekarang kita coba memasang produk keluaran Auto2000 dulu ya! Sepasang holder ini menarik karena terbuat dari bahan plastik yang cukup tebal dan telah disediakan 4 item pendukungnya; clip holder (4 pcs), baut 10 mm (4 pcs), sekrup (4 pcs) dan ring atau plain washer (4 pcs) (Gbr. 1).

Soal peralatan, Anda cukup keluarkan tools kit standar dari dalam mobil. "Kalau di mobil Toyota, sudah ada kunci pas 10 mm dan obeng kembang (+). Kedua tools itu yang dipakai," terang Rissa.

No caption
No credit
No caption

Nah, petunjuk pemasangannya, kata Pria ramah itu, sebenarnya sudah disediakan di dalam kemasan setiap pembelian holder. Terutama petunjuk posisi baut pada bemper yang setiap mobil Toyota berbeda-beda."Tapi posisinya bisa disesuaikan atau tergantung dari keinginan konsumen. Mau pasang agak tinggi atau rendah, terserah aja karena sudah disediakan lubang untuk baut cukup banyak," ucapnya (Gbr. 2)

Setelah posisi sudah ditentukan, sekarang masukkan pelat nopol baru. Caranya, selipkan pelat pada tiga slot/rip yang ada di atas. Pastikan pelat masuk ke ketiga slot biar pelat tak mudah lepas (Gbr. 3).

Sisi bawahnya, tekan pelat agar masuk ke rumah holder. Buat menguncinya, masukkan clip holder pada bagian bawah. Memang agak sulit memasukkannya, makanya tekan sedikit pelat dan geser clip ke atas.

Jika kedua sisi (kiri dan kanan) clip masuk, lalu pasang sekrup dan kencangkan dengan obeng kembang (+).  Supaya sekrup tidak terlihat, pada holder rancangan Auto2000 ini disediakan penutupnya. Cara tutupnya, Anda tinggal tekan tutup clip holder ke atas (Gbr. 4).


Sayang, saat ini holder pelat nopol itu baru terbatas untuk mobil baru yang dipesan konsumen Auto2000. Namun kabarnya tetap akan disiapkan untuk bisa dibeli umum. "Kemungkinan dijual bebas di dealer Auto2000 paling cepat minggu depan," tegas C.F. Tantriani, marketing communication Auto2000 saat dikontak via ponsel (9/9).

Nah, bagaimana dengan holder versi aftermarket yang dijual sekitar Rp 60-65 ribu per pasang? Dari bahan mirip terbuat dari plastik dengan merek Del Sol, namun kelengkapannya hanya disediakan sekrup (4 pcs), ring (4 pcs) dan clip holder (4 pcs). Tidak terdapat baut 10 mm untuk pengikat ke bodi atau bemper.

Untuk proses pemasangannya, kurang lebih sama dengan di atas. Namun bedanya adalah pada model clip holder tidak ada penutupnya. Alhasil, sekrup pengikat akan tampak oleh mata (Gbr. 5). Kata lain, kurang rapih.

Silakan pilih dan pasang sendiri!  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa