Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Monitor Toyota Yaris Universal, Jika Cepat Bosan

billy - Selasa, 20 September 2011 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Pemakai Toyota Yaris memang sedikit direpotkan, jika ingin upgrade head unit standar dengan versi monitor on-dash (double DIN). Dikatakan sedikit merepotkan, lantaran untuk mengganti head unit bawaan Yaris pakai tipe single DIN atau monitor on-dash sekali pun, perlu mengganti semua panel frame yang tertempel pada dasbor model center facia-nya itu.

Pilihannya saat ini memang sudah tersedia versi OEM, yang didesain sama persis dengan desain panel standar Yaris. Namun ada kelemahannya, jika Anda sudah bosan dan ingin menggantinya dengan monitor atau head unit single DIN merek ternama non-OEM, harus beli frame baru sesuai ukuran driver universal yang akan dipasang.

Sebabnya, desain bodi keseluruhan pada monitor OEM sudah dirancang menyatu dengan frame-nya, dan tidak bisa diurai secara terpisah jika hendak diganti pakai head unit lain. Model ini sebenarnya lebih cocok untuk pemakai yang sekadar upgrade buat menambah unsur hiburan di kabin. 

Sementara pemilik Yaris yang cepat bosan dengan sistem audio mobilnya, lebih cocok pakai head unit atau monitor tipe universal, dengan frame yang dijual terpisah seharga Rp 800 ribuan (Gbr.1). "Seandainya sudah bosan dan ingin ganti pakai monitor high end, enggak perlu beli frame yang baru karena masih bisa dipakai untuk tipe monitor universal lainnya," jelas Ganda, marketing manager Everyday Sale di Jl. KH. Zainul Arifin No.33-33B, Jakpus.


Monitor tipe universal merek cungkuo (Cina) rata-rata dibanderol Rp 2 jutaan, dengan kualitas cukup bagus berfitur lengkap. Sementara model OEM non-branded, umumnya dijual seharga Rp 3 jutaan dengan desain plug and play.

Instalasi memang agak merepotkan, jika dilakukan oleh Anda yang belum mahir. Sebab mesti mencopot panel frame kanan-kiri terlebih dulu, kemudian membuka empat baut pengikat bodi head unit di bagian dalam. Setelah itu baru bisa mencabut panel head unit standar dari rumahnya (Gbr.2). 

Untuk memasang monitor cukup menghubungkan semua kabel pada soket yang tersedia. Ukuran rumah head unit pada dasbor Yaris, cocok untuk semua tipe universal dengan dimensi layar 6,5 inci. Terakhir memasang frame dengan menancapkan semua klip pengancing sesuai dudukannya (Gbr.3).   (mobil.otomotifnet.com)

everyday Sale 021-6305663

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa