Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Auto Up Power Window, Cukup Beli Modul Jendela Bisa Naik Sendiri!

billy - Rabu, 7 September 2011 | 15:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Agak merepotkan jika sehabis bayar tol atau parkir, untuk menutup kembali kaca mobil harus menekan atau menarik terus tombol power window. Maunya sih sekali tekan, kaca otomatis naik sendiri seperti di sejumlah mobil macam di Toyota Avanza, Kijang Innova, Daihatsu Terios dan sebagainya.

Namun, ada juga mobil-mobil baru yang belum dilengkapi fitur itu. Seperti Mitsubishi Pajero Sport, Suzuki Swift, Nissan March dan lainnya. Nah, buat yang enggak pengin repot telah tersedia alat yang bernama Auto Up Module yang diproduksi oleh ASA Autologic (gbr. 1).

Modul seharga Rp 450 ribu per pintu ini bisa digunakan untuk mobil. Kalau pun umumnya mobil sudah dilengkapi fitur tersebut hanya di pintu kanan depan (pintu sopir). "Bisa pasang di pintu kiri kok. Asal saya tidak sarankan pasang di belakang karena anak-anak biasa duduk di belakang," terang Juwandi, technical support ASA Autologic.

Untuk pemasangan, kata Jumandi cukup mudah, hanya menyambungkan 5 kabel dari modul ke peranti  power window (PW). Biar paham, yuk kita praktekkan pada Toyota Avanza 2009, khususnya di pintu sebelah kiri (karena kanan sudah dilengkapi, red).

Tahap awal, buka door trim pintu. Perhatikan kabel-kabel dari motor PW, lalu potong kabel UP (menaikkan kaca) yang berwarna pink (gbr. 2). Lantas sobek kabel down (turunkan kaca) berwarna biru-merah. Setelah itu, sambungkan kabel hijau dari modul ke kabel pink tadi.


Untuk kabel biru-merah yang telah disobek tadi, jumper (paralel) dengan kabel coklat modul. Lalu, sambungkan kabel merah modul ke kabel ignition PW yang berkelir biru-kuning. Untuk negatif, satukan kabel hijau modul dengan ground. "Terakhir nyambungkan kabel UP atau naik yang ke switch PW," bilang pria asal Banyumas, Jateng ini.

Setelah semua kabel tersambung rapi dan aman dari korsleting, sebaiknya dites sebelum door trim dipasang kembali. Pertama, putar kunci kontak ke posisi ON, lalu tekan tombol turun (down) sampai kaca turun semua. Setelah itu, tekan switch naik (Up) dan kaca akan naik otomatis. "Kalau turun gak bisa turun otomatis, baru bisa naik," ujar Juwandi yang kasih garansi 1 tahun untuk produknya itu.

Bila semua switch sudah berfungsi normal, pasang modul di lokasi yang aman. Agar tak mudah terjatuh dan lepas, beri double tape dan ikat dengan cable ties biar maksimal (gbr 3). Jangan lupa membungkus soket-soket atau sambungan kabel dengan isolasi.

Bener kan, naik sendiri!   (mobil.otomotifnet.com)

ASA Autologic : 021-97669551

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa