Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepuluh Problem Lampu, Sedia Bohlam Cadangan

billy - Kamis, 11 Agustus 2011 | 17:02 WIB
Sepuluh Problem Pada Lampu, Sedia Bohlam Cadangan
Sepuluh Problem Pada Lampu, Sedia Bohlam Cadangan

Sepuluh Problem Pada Lampu, Sedia Bohlam Cadangan
Sepuluh Problem Pada Lampu, Sedia Bohlam Cadangan
 
JAKARTA - Memiliki fungsi vital, sebagai penerangan hingga alat komunikasi antar pengemudi, lampu-lampu pada mobil kadang mengalami masalah. 
 
Untuk itu, ada baiknya simak beberapa problem lampu berikut ini.
 
1. Bohlam lampu tiba-tiba mati. Bisa diakibatkan usia lampu, atau pemakaian lampu dengan daya yang lebih besar dari suplai listrik seharusnya. Gunakan bohlam sesuai dengan daya lampunya atau sedia bohlam cadangan.

2. Lampu mobil redup atau seolah-olah akan mati. Bisa diakibatkan relay yang sudah kurang baik atau switch lampu yang kotor. Ganti relay lampu atau bersihkan switch lampu pada kolom setir.

3. Sinar lampu menyilaukan pengendara lain. Akibat setelan fokus lampu yang taidak benar atau menyorot terlalu keatas. Setel kembali sorot dan fokus lampu mobil anda.

4. Cahaya lampu kurang terang. Sama seperti nomor 3, karena sinar fokus yang tidak tepat atau kualitas bohlam yang kurang baik. Segera atur fokus lampu anda atau mengganti bohlam dengan kualitas baik.

5. Lampu rem mati. Sebabnya bohlam mati atau fitting lampu yang kendur. Perbaiki fitting lampu atau ganti jika sudah rusak atau hangus.

6. Reflektor berwarna kekuningan. Akibat menggunakan bohlam lampu dengan daya terlalu besar, sehingga reflektor terbakar. Segera ganti dengan lampu dengan daya yang sesuai dengan spesifikasi mobil.

7. Reflektor berembun atau ada genangan air. Umumnya diakibatkan sealant yang sudah kurang merekat, sehingga air dari tetesan hujan atau saat mencuci mobil masuk ke dalam reflektor mobil. Perbaiki reflektor lampu anda.

8. Reflektor terlihat buram. Akibat rumah lampu yang kotor atau terlampau banyak goresan. Bisa dibersihkan dengan membuka rumah lampu anda.

9. lampu sein tak mau mengedip atau bahkan mati. Akibatnya bohlam yang mati, atau kondisi flasher yang menentukan waktu lampu sein untuk mengedip sudah tidak baik. Solusinya bisa dengan mengganti bohlam atau mengganti flasher lampu sein.

10. Fungsi lampu jauh atau dekat tak berfungsi. Hal ini terjadi pada lampu berteknologi proyektor, karena mekanisme proyektor yang macet. Perlu dibongkar pada rumah lampu untuk memperbaiki proyektor lampu dan menyetelanya kembali
    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa