Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Pelek Nissan Juke, Muat Pelek 22 Inci Lho!

billy - Selasa, 5 Juli 2011 | 12:16 WIB
Upgrade Pelek Nissan Juke, Muat Pelek 22 Inci Lho!
Upgrade Pelek Nissan Juke, Muat Pelek 22 Inci Lho!

Otomotifnet.com - Banyak yang penasaran desain atraktif Nissan Juke. Yang bikin kagum yakni penggunaan pelek bawaan pabrik sudah berdiameter besar, 17 inci.

Ban standarnya sendiri berukuran 215/55/R17. Apalagi ruang spakbornya nampak lega, menggoda untuk dijejali pelek gambot.

Cocok bagi penggemar modifikasi SUV. "Enak nih buat dipasang pelek gede," respon Agus Wijaya, pemilik All New Honda CR-V bergaya elegan dengan pelek 22 inci.

Sebenarnya seberapa muat kapasitas ruang roda Juke untuk dijejali pelek berdiameter besar?

Mari melirik lagi beberapa hasil karya tuning house yang sudah menggarap modifikasi Juke (OTOMOTIF 08/XXI).

Impul, satu-satunya tuner Nissan asal Jepang yang pertama kali memodifikasi Juke, berani memasang pelek 19 inci berpadu ban berukuran 245/40/R19.

Sementara Cobra, rumah modifikasi asal Jerman, mematok diameter pelek 19x8,5 inci dengan ban 235/40/R19.

Lebih berani lagi, tuner yang biasa menggarap Mercedes Benz dan BMW ini menjejalkan diameter 20x8,5 inci berpadu ban ukuran 255/30/R20.

Paling heboh di forum modifikasi dunia maya, telah beredar beredar foto Juke asal Jepang yang menggunakan pelek gambot Volk Rays TE37 dengan reduksi ketinggian bodi merapat aspal.

Bagaimana dengan pendapat modifikator lokal? Amin Sutiono dari gerai pelek dan ban Autostyle sumbang saran.

Hasil ujicoba langsung, ruang roda belakang ternyata sanggup dijejalkan pelek berdiameter maksimal 22 inci dengan lebar 9,5 inci. Balutan ban ukuran 235/30/R22 tampak manis mengisi celah ruang roda yang tersisa. Sementara pada ruang roda depan, cukup dengan lebar pelek maksimal 9 inci saja.

Ukuran ban yang direkomendasikan Amin untuk roda depan yakni 235/30/R22. "Kalo pake lebar ban 255 bisa saja terpasang, tapi engga bisa belok, musti mengakali lagi ruang fender atau minimal copot spakbor plastiknya," jelas pemilik lokasi gerai di Sunter, Jakut ini.

Nah, kalau mau aman dan gerak roda yang leluasa tanpa adanya ubahan di ruang roda, Amin menyarankan dimensi pelek 20 inci.

Masih cukup leluasa dengan ukuran ban 245/40/R20. Merujuk patokan demikian, jelas sudah banyak pilihan produk aftermarket untuk pelek dan ban yang cocok diaplikasikan di ruang roda Juke.

Apalagi, sport compact crossover ini punya patokan PCD teromol roda yang cukup familiar, 114.3 dengan lima lubang baut. Angka offset pelek +41 juga dapat menjadi rujukan pemilihan outfit roda yang pas. Siapa yang berani duluan?   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa