Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Dudukan Ban Cadangan Ala Klub Maxxio, Lebih Lega Dan Berguna

billy - Rabu, 6 Juli 2011 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Punya mobil sekelas Daihatsu Gran Max memang enak. Pasalnya, selain dapat memuat penumpang maupun barang dengan jumlah yang lebih banyak, juga bisa bergaya lewat modifikasi. Terutama penggantian diameter roda yang maksimal karena ruang rodanya masih lega.

Namun untuk pemakaian harian, pemasangan pelek gambot biasanya diiringi dengan ban cadangan yang tinggi profilnya setara (Gbr.1). Apalagi saat ini pembelian pelek aftermarket hanya berjumlah empat item. "Biasanya ban profil tipis rentan kena paku, jadi saya bawa tambahan pelek dengan ban yang profilnya setara untuk cadangan," ujar Bayu Erlangga dari klub Gran Max Luxio Indonesia atau biasa disebut Maxxio.

No caption
No credit
No caption

Namun, setelah memasangkan pelek 19 inci dengan ukuran ban 225/35/R19, ada kendala pada tempat pemasangan ban cadangan di kolong bodi bagian belakang. "Dudukannya terlalu tinggi buat ban cadangan baru yang lebih besar, padahal kalo di Luxio muat tuh," keluh pria bernomor anggota 0008 di klub Maxxio ini.

Setelah melakukan observasi dan uji coba, diputuskan untuk hanya menambah panjang dudukan ban cadangan (Gbr.2). Pertimbangan pemilik Daihatsu Gran Max 1.5 D lansiran 2010 ini karena hanya menambah dudukannya saja, tidak merubah tempat penyimpanannya. Tujuannya agar ban serep baru yang diameternya lebih besar bisa menghuni tempat penyimpanan asli dengan lega.


Caranya, cukup menambah potongan pelat besi berukuran panjang 20 cm dan lebar 7 cm (Gbr.3). selanjutnya lubangi sesuai dengan dudukan baut asli (Gbr.4). "Kalau bisa dari pelat bordes agar lebih kuat," saran Bayu. Setelah dikaitkan dengan pelat, pasang kembali dudukannya di posisi semula (Gbr.5).

Kemudian ban cadangan baru yang berdiameter lebih besar siap ditempatkan. Tips ini selain bisa dikerjakan sendiri, Bayu juga merekomendasikan pengerjaannya kepada yang ahli seperti teknisi jasa pengelasan. Sangat berguna bagi pemilik Gran Max yang sudah menggunakan roda gambot.

Selamat mencoba!   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa