Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kondisi Pasar Fuel Pump, Stok Aman Buat Sebulan

billy - Kamis, 23 Juni 2011 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Kondisi pasar masih belum bergejolak
JAKARTA - Setahun lalu tepatnya di bulan Juli 2010, seluruh sentra onderdil di seputar Jakarta dan sekitarnya diwarnai fenomena yang tak lazim, lantaran melonjaknya permintaan komponen fuel pump yang termasuk onderdil slow moving ini.

Lagi-lagi fenomena ini kembali terjadi. "Permintaannya (fuel pump) mulai ramai lagi sejak awal Mei kemarin, tapi kenaikannya tidak begitu besar hanya sekitar 35% dari kondisi normal," ungkap Khien, juragan kios Central Jaya di pasar onderdil Cipete, Jaksel.

No caption
No credit
No caption

 Masih didominasi produk KW1 dari vendor yang sama hanya berbeda kemasannya saja
Jika menilik pada kejadian serupa tahun lalu, momen kemeriahan pada penjualan pompa bensin di kalangan pedagang onderdil mobil ini, terjadi di saat memasuki masa liburan anak sekolah.

Entah ada faktor kesengajaan atau memang hanya kebetulan saja, yang jelas stok unit fuel pump di beberapa sentra onderdil mobil di Jakarta masih terbilang aman. "Persediaan masih cukup untuk bulan ini, tapi kalau permintaannya tiba-tiba melonjak di bulan depan, saya khawatir harganya jadi mahal karena stoknya jarang," jelas Tomi, staf pada salah satu toko onderdil khusus Toyota di Atrium Senen Lt.5, Jakpus.

Kerusakan pada pompa bensin ini, indikasinya sama dengan tahun lalu. "Kebanyakan mengeluh karena mobilnya tiba-tiba mogok. Saya pernah membongkarnya karena penasaran, ternyata di dalamnya banyak lumpur bercampur serpihan seperti logam halus, mirip rontokan karat padahal kondisi filter bensin masih bagus," ungkap Harsoyo, mekanik Karya Motor di Bintaro, Tangerang.

Berdasarkan pantauan OTOMOTIF di lapangan, sedikitnya baru tiga varian laris yang banyak mengalami kerusakan pada komponen fuel pump-nya. Seperti  Toyota Avanza, Kijang Innova dan Honda Jazz .


 Kondisi filter bensin yang masih terlihat bagus, bukan jaminan fuel pump berfungsi normal
Sementara harga retail memang belum merangkak naik seperti kondisi tahun lalu. Semisal untuk Avanza merek Denso dijajakan Rp 450 ribu, Kijang Innova ditawarkan sekitar Rp 500 ribuan dan untuk fuel pump orisinal Jazz dibanderol RpRp 600 ribu/unit. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa