Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda New City, Pakai Bodi Kit Modulo, Anti Pasaran di Jalan

billy - Kamis, 14 Juli 2011 | 14:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA -  Khusus buat Honda new City, dress up yang dapat dilakukan adalah penambahan body kit. Lekukan garis bumper new City yang banyak memiliki sudut tegas, jadi tantangan tersendiri.

Namun di tangan Gunawan Salim, modifikator Salim Jaya Concept, jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, new City standar bias berubah lebih menawan menggunakan body kit Modulo asal Taiwan. “Bahannya plastik ABS, harganya Rp 9,5 juta, sudah termasuk rear wing,” ungkap Gunawan.

No caption
No credit
No caption

Body kit add on Modulo dari sisi desain dilihat sangat tepat. Utamanya jika menilik tarikan garis pada bodi depan. Garis desain bodi depan yang memiliki sudut tajam diteruskan garisnya oleh Modulo.

Coba saja simak tarikan garis miring di tengah yang pada bumper asli, tepatnya di ujung lampu bagian bawah, garis ini diteruskan tarikannya desainer body kit Modulo. Efeknya terlihat sebuah desain body kit yang menyatu dengan bodi.

No caption
No credit
No caption

Informasi tambahan, di beberapa dealer Honda juga menyediakan paket add on body kit Modulo dengan cara inden. Tapi biasanya harga produk tidak termasuk pengecatan dan pemasangan. Untuk harga, silakan langsung sambangi dealer Honda terdekat. Patokannya, sekitar Rp 10 jutaan 

Dek Kolong Mesin Peranti Custom
Khusus buat Honda new City, di bagian bawah mesin (kolong) tak ada pelat atau dek plastik pelindungnya. “Akibatnya debu dan kotoran bisa naik ke kompartemen mesin,” ungkap Apin, punggawa workshop AMS, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
No caption
No credit
No caption

Bukan hanya itu, yang ditakutkan adalah benda keras seperti kayu atau batu bisa naik ke kompertemen mesin. Jika hal ini terjadi, efeknya bisa membahayakan mesin. Solusinya, Apin menganjurkan untuk membuatkan cover pelindung di bawah mesin. Untuk materialnya, gunakan bahan yang mudah dibentuk. “Kalau pakai pelat bisa saja, tapi hasilnya takut kurang rapi,” tambah Apin.

Peredam Kabin Lebih Senyap
Sistem akustik di new City bakal lebih bagus jika diberikan peredam pada bagian dinding samping, atap dan lantai. Efeknya ketika masuk ke kabin suasana akan lebih hening. Khusus buat yang suka sistem audio di mobil, peredam ini membuat gangguan akibat vibrasi dinding tak akan terjadi lagi.


Gunawan yang juga spesialis menangani audio mobil menuturkan, untuk satu mobil, -seperti new City-, butuh 25 lembar peredam. “Lantai, pintu dan plafon,” ungkap Gunawan. Untuk biayanya 1 unit peredam lembaran Rp 90 ribu, sudah berikut pasang. “Saya pakai merek Vissel,” bilang Gunawan yang memiliki new Jazz yang telah didress up ini. Untuk pemasangannya peredam ini ditempel pada dinding dengan memakai pemanas agar lemnya dapat melekat erat.

Namun rasanya, jika Anda menggunakan mobil tersebut untuk keperluan harian, tidak perlu menerapkan peredam sebanyak itu. Cukup di bagian-bagian penting saja. Misalnya panel pintu atau bagian dalam spakbor. Karena penambahan peredam berbanding lurus dengan penambahan bobot. Ujung-ujungnya, performa serta efisiensi BBM yang akan dikorbankan.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa