Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Renault Twizy, Mobil Ultra Kompak Perkotaan

Editor - Selasa, 5 Oktober 2010 | 08:37 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Produsen mobil asal Perancis, yaitu Renault nampaknya mengetahui keinginan konsumen mereka yang bosan akan kemacetan dalam kota. Untuk itu, pabrikan berlogo belah ketupat ini membuat city car personal Twizy yang mungil dan kompak. Namun, tetap ramah lingkungan. Mobil berukuran ultra kompak ini, juga sedang dipamerkan pada publik di ajang Paris Motor Show 2010 mulai 2 Oktober lalu.

Hanya berdimensi panjang 2,32 m, lebar 1,19 m dan tinggi 1,46 m menjadikan mobil ini berukuran sangat mungil. Selain itu, dengan panjang wheelbase yang hanya 1.684 mm membuat Twizy sangat lincah, dan cocok untuk membelah kemacetan kota.

Uniknya, mobil berbobot 450 kg ini hanya menyediakan ruang kabin untuk dua orang dibagian depan dan belakang, layaknya kendaraan Bajaj disini.

Sebagai kendaraan personal, Renault menyediakan Twizy dalam 3 desain eksterior yang berbeda sesuai dengan karakter konsumen tersebut. Yang pertama adalah Twizy Totem yang memiliki warna mencolok dan dipadukan dengan grafik tribal. Kemudian ada Twizy Dotdot, yang lebih menekankan keanggunan dan elegan. Lalu yang terakhir, Twizy Circuit yang menampilkan sisi artistik dari film fiksi ilmiah.

Negara-negara di Eropa tentu sangat mengutamakan masalah lingkungan hidup. Makanya Renault mencangkok motor listrik yang bebas emisi pada Twizy. Motor elektrik ini dapat menghasilkan tenaga hingga 20 dk dan torsi puncak hingga 57 Nm. Sedangkan kecepatan maksimal yang dapat diraih oleh Twizy hanya 75 km/jam.

Jarak tempuh yang bisa diraihnya adalah sejauh 96 km, dapat ditempuh setelah baterai terisi penuh. Dengan pengecasan selama tiga setengah jam, menggunakan stop kontak rumah standar. Tentu hasil ini cukup untuk dipakai beraktifitas didalam kota.

Asiknya, Renault merencanakan untuk menjual Twizy dipasar Eropa mulai akhir 2011 mendatang. Sayangnya Renault masih mempertimbangkan harga yang pantas bagi mobil mungil ini.

Penulis/Foto : Ilham/Renault

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa