Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Porsche Panamera Cabriolet, Pionir Mobil 4 Pintu Dengan Atap Terbuka

Editor - Minggu, 14 Maret 2010 | 09:16 WIB
Porsche Panamera Cabriolet, Pionir Mobil 4 Pintu Dengan Atap Terbuka
Porsche Panamera Cabriolet, Pionir Mobil 4 Pintu Dengan Atap Terbuka

OTOMOTIFNET – Rumor akan diluncurkannya Porsche Panamera versi atap terbuka sudah beredar sejak beberapa waktu lalu. Namun pihak Porsche bungkam ketika ditanya mengenai mobil ini. Tapi kini tabir tersebut telah terungkap, gambar Panamera Cabriolet yang akan dipatenkan sudah beredar di dunia maya.

Sesuai dengan namanya, mobil ini muncul tanpa atap. Namun yang membuatnya istimewa, Panamera Cabriolet hadir dengan 4 pintu dan akan menjadi yang pertama di dunia untuk diaplikasikan di mobil produksi massal.

Berdasarkan gambar yang beredar, tampilan eksterior mobil secara garis besar sama persis dengan Panamera yang dijual sekarang. Mobil mewah ini tetap mempunyai lampu utama dan belakang yang berbentuk lonjong dan tampilan yang merupakan perpaduan antara kemewahan dan sportifitas.

Perbedaannya terletak pada tidak adanya atap yang menaungi pengemudi dan penumpang. Selain itu, pilar B juga dihilangkan yang biasanya hadir di mobil empat pintu.

Sedangkan untuk interiornya, bisa dipastikan mobil ini adalah cabriolet terlega yang pernah ada. Bagaimana tidak, mobil ini mempunyai dimensi panjang yang sama persis dengan versi sedannya.

Begitu juga dengan bagian belakangnya. Bila biasanya mobil cabriolet memiliki ruang belakang yang sangat sempit, maka mobil ini memiliki ruang belakang yang sangat lega dan nyaman. Tapi, sepertinya desainer akan mengubah beberapa detil untuk menyesuaikan dengan kondisi mobil yang merupakan mobil cabriolet.

Mobil yang kabarnya akan menggunakan atap fabric ini sepertinya akan mempunyai bagasi yang bagian dalamnya akan didesain ulang. Tujuannya agar bagasi dapat menampung atap yang terlipat dan menampung barang dalam jumlah cukup di waktu yang bersamaan.

Diharapkan Porsche akan mengaplikasikan beberapa teknologi canggih semacam AIRCAP dan AIRSCRAF yang ada di mobil-mobil cabriolet Mercedes.

AIRCAP berfungsi untuk menjaga keheningan interior mobil saat dikendarai dalam keadaan atap terbuka. Sedangkan AIRSCRAF berfungsi agar leher pengemudi dan penumpang tetap hangat bila sedang berkendara dengan atap terbuka.

Sampai saat ini peluncuran Panamera Cabriolet masih menjadi teka-teki. Tapi, kami perkirakan mobil ini akan hadir di showroom pada 2011 mendatang setelah sebelumnya melakukan world premiere pada ajang Paris Motor Show 2010 mendatang.
   
Penulis : Dika/AZ
Foto : Autoblog

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa