Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Indonesia Sempurnakan Daya Saing Institusi Pendidikan

Selasa, 18 Februari 2014 | 11:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Cibinong – Kepedulian Toyota terhadap dunia pendidikan terus ditunjukkan. Salah satunya lewat Toyota-Technical Education Program (T-TEP). Sejak diluncurkan pertama kali pada 1991, sudah terdapat 57 institusi T-TEP yang tersebar dari ujung Sumatera hingga Papua. Pada 2014 ini, Toyota akan menambah 5 institusi lagi, sehingga total menjadi 62 institusi T-TEP. 

Sejalan dengan penambahan jumlah institusi, Toyota juga berkomitmen untuk meningkatkan jumlah penyerapan tenaga kerja dari lulusan institusi T-TEP. Selain itu, tahun ini Toyota juga akan ada peningkatan kualitas empat institusi T-TEP, yaitu SMKN 1 Cibinong (Jawa Barat), SMKN 2 Surabaya (Jawa Timur), SMK Tunas Pelita Binjai (Sumatera Utara), dan SMK Bunda Satria Wangon (Jawa Tengah). 

Dengan peningkatan kualitas empat institusi tersebut, sudah ada 13 institusi T-TEP yang dilengkapi dengan alat peraga berupa kendaraan Toyota. Ketigabelas institusi tersebut adalah SMKN 2 Pekanbaru, BPPK 1 Pulogadung, SMKN 26 Jakarta, SMKN 6 Bandung, SMKN 7 Semarang, SMKN 2 Depok Sleman, SMKN 5 Surabaya, SMKN 2 Manado, SMKN 5 Makassar, SMKN 1 Cibinong, SMKN 2 Surabaya, SMK Tunas Pelita Binjai, serta SMK Bunda Satria Wangon.

T-TEP merupakan program kerjasama antara Toyota Motor Corporation (TMC), PT Toyota Astra Motor, dealer resmi Toyota, dan Pemerintah, dalam mengembangkan dan mempersiapkan sumber daya manusia SMK yang lebih siap memasuki industri otomotif.

Fasilitas yang disediakan untuk institusi T-TEP antara lain berupa training manual, pengembangan kurikulum yang terbaru, pelatihan untuk guru, buku panduan technical Toyota, kesempatan melakukan latihan kerja di Toyota, serta fasilitas alat peraga berupa kendaraan Toyota.

”Pendidikan merupakan salah satu pilar penting yang menjadi pendukung kemajuan suatu bangsa. Begitu pula dengan generasi muda. Oleh karena itu, Toyota membuat beberapa program yang berkaitan dengan pendidikan bagi generasi muda sebagai wujud dukungan Toyota bagi kemajuan bangsa,” ucap Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan hari ini (18/2)

Melalui T-TEP, tambah Johnny, merupakan suatu kebanggaan bagi Toyota karena mendapat kesempatan menjembatani institusi pendidikan dan industri otomotif, serta memberikan dan berbagi teknologi terkini kepada institusi pendidikan sehingga mampu terus terdepan dalam penguasaan teknologi.

Lebih lanjut, dia berharap dengan perluasan penyelenggaraan institusi T-TEP dan peningkatan kualitasnya, institusi T-TEP dapat mempersiapkan sumber daya yang terampil dan meningkatkan daya saing lulusannya. (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa