Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ECU Utama Rusak, Kecepatan 176 Km/Jam Diketahui Dari ECU Yang Lain

Minggu, 20 Oktober 2013 | 12:32 WIB
ECU Utama Rusak, Kecepatan 176 Kpj Diketahui Dari ECU Yang Lain
ECU Utama Rusak, Kecepatan 176 Kpj Diketahui Dari ECU Yang Lain

ECU Utama Rusak, Kecepatan 176 Kpj Diketahui Dari ECU Yang Lain
ECU Utama Rusak, Kecepatan 176 Kpj Diketahui Dari ECU Yang Lain

 
Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengumumkan mengenai kecepatan Mitsubishi Lancer EX yang dikemudikan putra bungsu musisi Ahmad Dhani, Abdul Qadir Jaelani (AQJ) kala mengalami kecelakaan di jalan tol km8 menuju Jakarta, 8 September lalu. Dikatakannya, sebelum kehilangan kendali, sedan tersebut melaju dengan kecepatan 176 km per jam.
 
"Dua detik sebelum mobil kehilangan kendali, kecepatannya 176 km per jam. Tim Mitsubishi mengambil chip dari mobil (AQJ) dan dianalisis di Jepang," lanjut Rikwanto.
 
PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors bukan agen pemegang merek (APM) pertama dilibatkan Polda Metro Jaya sebagai saksi ahli dalam kasus kecelakaan. APM lain, seperti Nissan Motor Indonesia pernah turun tangan atas peristiwa Nissan Juke terbang di tol Bandung dan Juke terbakar di Jalan Jenderal Sudirman, hingga menewaskan pengemudinya seorang wanita.
 
ECU airbags
OTOMOTIFNET coba meminta informasi detail kepada pihak KTB soal penyelidikan yang telah dilakukan terhadap Lancer EX bernopol B 80 SEL itu. Jerry Arman selaku Head of MMC PR Section PT KTB yang mengikuti sampai proses BAP sebagai saksi ahli, menceritakan kepada OTOMOTIFNET, hari ini (20/10).
 
"Dalam masalah Mitsubishi Lancer ini kita melakukan investigasi terhadap kendaraan, juga menyangkut kecepatan," ungkap Jerry. Ketika di lapangan, tidak ditemukan jejak pengereman kedua roda, tapi ini hanya satu.
 
Untuk mengetahui kecepatan, lanjut Jerry, dibuka ECU (Engine Control Unit). "Ternyata, kondisi ECU hancur akibat tersiram air aki. Kita coba menjelaskan kepada polisi kalau ECU ini bukan black box," urai Jerry.
 
Perihal ini, KTB lantas berkonsultasi dengan Mitsubishi Jepang. "Mereka suruh buka ECU yang di airbags dan itu yang kita kirim ke Jepang. Tidak sampai seminggu, hasilnya sudah bisa didapat," kata Jerry.
 
Dari ECU airbags terekam kalau 2 sampai 3 detik sebelum kantung udara meledak, kecepatan Lancer EX 176 kpj. "Dari grafiknya ada tren menurun. Jadi, logika kita, 5 detik airbags meledak, kecepatan di atas 176 km/jam," tutup Jerry. (Mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa