Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kaca Mobil Pecah Karena Tingkat Kekerasan Keramik Di atas Besi

Minggu, 20 Oktober 2013 | 06:26 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Sekalipun mobil-mobil sekarang tidak lagi memakai karet kaca, tak berarti barang-barang di dalam kendaraan aman. Modus pencurian dengan memecahkan kaca masih dilakoni. Hanya, tidak mengandalkan kapak atau benda tumpul yang berat, tapi cukup dengan pecahan keramik busi. Kok, bisa?

Ketika remah busi dilemparkan ke kaca samping, kurang dari dua detik langsung pecah. Keramik busi atau insulator berwarna putih menjadi salah satu bagian utama, selain katoda dan anoda. Dan di negara bagian di Amerika, keramik masuk dalam kategori senjata perampokan dengan sebutan Ninja Rocks karena utilitas yang ketika membentur tidak berisik, tapi mematikan (kaca pecah) sejak 2003.

"Istilah kerennya aluminium oxide ceramic yang memiliki identitas tinggi," sebut Agus Tan, GM sales & Marketing PT NGK Busi Indonesia.

Tentu, ada yang tidak percaya, kok keramik yang kecil itu bisa menghancurkan kaca? Karena, aluminium oxide ceramic punya tingkat kekerasan yang disebut Skala Mohs (penemunya seorang ilmuwan Jerman Friedrich Mohs pada 1812) 9 atau setingkat di bawah intan (10 Mohs scale).

Sementara kaca mobil yang berasal dari batu kwarsa punya tingkat kekerasan 6,5 skala Mohs. Masih di atas besi atau platinum yang hanya 4,5, makanya kaca tak mudah pecah kala disambit dengan kedua jenis benda tersebut.

Tim Otomotif sempat mempraktikkan 'Ninja Rocks' ke kaca mobil yang sudah dilengkapi kaca film. dan tidak lebih dari 1 menit, kaca sudah bolong. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa