Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Parade Mobil Bermesin Edan, Dari V6 Sampai Mesin Truk Tambang

Rabu, 2 Januari 2013 | 16:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Aksi engine swap alias mengganti mesin standar dengan mesin yang lebih bertenaga memang jamak dilakukan di arena balap. Sebut saja aplikasi mesin-mesin V8 di arena drag race. Atau mesin turbo bertosi dahsyat pada ajang drifting. Nah, berikut ini beberapa aksi engine swap yang terbilang edan.

Eits, nyelenehnya lagi engine swap berikut ini justru bukan untuk ngebut di arena balap lho. Cukup buat gaya-gayaan dan dinikmati oleh penggunanya sendiri. Atau juga untuk menguji kemampuan pabrikannya. Lalu apa saja itu? Yuk, lanjut.

Rombakan mesin pertama hadir pada VW Golf GTI W12-650. Mobil yang digarap langsung oleh pabrikannya, VW tersebut dihadirkan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan sebuah hatchback jika dipasang mesin supercar.

Yup, VW menancapkan sebongkah mesin W12 twin turbo bervolume 6.0 liter milik Bentley Continental ke balik kokpit Golf GTI. Maklum, engine bay standar di balik kap Golf GTI tak akan sanggup menelan bongkahan mesin Bentley. Toh demikian, mobil yang kondisi standarnya ‘hanya’ menelurkan tenaga 200 dk, kini mampu menyembur daya hingga 650 dk!

Tak heran jika VW Golf GTI W12-650 wajib dibekali piranti tambahan dari sportscar lain dari keluarga VW Group. Sebut saja rem dari Audi RS4, as belakang Lamborghini Gallardo dan beberapa begian sasis dari Audi R8.

No caption
No credit
No caption

Selanjutnya, ada mobil yang sudah cukup familiar bagi pecinta otomotif Tanah Air, yakni Nissan Juke yang kini dibekali mesin sportscar Nissan GT-R. Seperti VW Golf GTI W12-650, lagi-lagi engine swap ini adalah ulah pabrikan yang jahil untuk mendongkrak kemampuan crossover imutnya. Tapi kali ini, Juke-R dikerjakan Nissan bersama tuner asal Inggris, NTC-E.

Juke R menggendong mesin V6 3.8 liter bertenaga 480 dk. Jauh lebih besar dari tenaga Juke versi Indonesia yang bermesin 1.5 liter berdaya 114 dk. Selain itu, sistem penggerak roda depan juga dirombak dengan sistem AWD.

Walau memakai mesin semerek, namun bukan berarti aplikasi mesin GT-R di Juke R mudah. Pasalnya, gear GT-R berjalan dengan dua poros prop, satu dari mesin ke gearbox di bagian belakang dan satu lagi untuk menggerakkan roda depan.

Keduanya harus dipotong karena wheelbase Juke lebih pendek  250mm dibandingkan dengan GT-R. Selain itu, suspensi, rem, kemudi milik GT-R semuanya harus kembali dipasang di dalam sebuah mobil kecil yang pada awalnya dirancang untuk menyaingi Mini Cooper.


Dan engine swap terakhir dan paling edan adalah Austin Mini buatan tahun 60-an yang mengaplikasi sebongkah mesin truk tambang yang ultra besar.

Mesin truk tambang Cummins QSK78 yang memiliki konfigurasi V 18 dengan kapasitas 78 liter. Mesin diesel tersebut juga dilengkapi dengan 12 turbocharge dan output yang dihasilkan mencapai 3.500 dk dengan torsi 14.800 Nm.

Selain mesin dan tenaganya yang gokil, ukuran mesin tersebut juga melebihi dimensi mobilnya. Untuk menyiasati ukurannya, Austin Mini tersebut ditambahkan dengan bak untuk menggendong mesin. Konsekuensinya, mesin yang dilabur kelir merah tersebut justru terlihat seperti tumor bagi mobil Mini yang imut. (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa