Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap, Ada Robot Mobil Bermesin Diesel

Senin, 10 Desember 2012 | 12:16 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tokyo – Memiliki tunggangan yang keren dan futuristik seperti robot Transformers atau Gundam nampaknya hanya mimpi belaka. Namun, bukan berarti mimpi tersebut tak dapat diwujudkan.

Inilah yang dilakukan perusahaan asal negeri Sakura, Suidobashi Heavy Industries (SHI) yang berhasil membidani kelahiran Kuratas. Sebuah robot sungguhan yang dapat dipakai di jalan raya layaknya mobil.

Nama Kuratas diambil dari nama belakang sang pencipta, Kogoro Kurata, yang bekerja sama dengan ahli robot Wataru Yoshizaki dalam pengerjaan robot setinggi empat meter tersebut. Memakan waktu hampir tiga tahun untuk menyelesaikan kendaraan futuristik ini, Kuratas digerakkan oleh 30 sendi hidrolik tenaga diesel yang dikendalikan melalui software V-Sido.

Sebagai sumber penggerak, konsumsi bahan bakar bensin diperlukan oleh Kuratas yang bermesin diesel.

Layaknya sebuah mobil yang dapat digunakan untuk berkendara, Kuratas juga memiliki kaki dengan empat roda untuk membelah jalanan dengan kecepatan top hanya 10 km/jam.


Kuratas bisa mengangkut seorang penumpang dan dapat dikendarai dalam posisi rendah atau tinggi untuk jarak pandang jalanan yang lebih luas.

Tidak hanya pengemudi dalam kokpit yang dapat mengemudikan atau menggerakkan robot berbobot 4,5 ton ini. Kuratas juga dapat dikendalikan secara eksternal, melalui smart phone atau master slave function berbentuk lengan robot.

Mewujudkan imajinasi penggemar robot petarung, Kuratas juga dilengkapi dengan sejumlah senjata mainan yang diklaim tidak membahayakan manusia. Sebut saja LOHAS launcher yang dapat menembakkan botol plastik, dan twin gattling gun yang mampu menembakkan 6.000 peluru BB permenit saat pengemudi tersenyum atau tertawa.

Sayangnya, selain tidak menjamin kenyamanan dan keamanan si pengendara robot, pembeli dipastikan harus merogoh kocek dalam-dalam untuk memiliki kendaraan robot teranyar ini. SHI melepas Kuratas dengan harga setara hampir Rp. 13 miliar, ini pun belum termasuk harga untuk fitur-fitur opsional Kurata, seperti iron crow, senjata tangan, lapis baja anti peluru, dan drink holder.

Anda tertarik? (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa