Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Doni Tata Masih Bermasalah Dengan Gaya Menikung yang Tepat Untuk Moto2

Bagja - Jumat, 2 Agustus 2013 | 14:16 WIB
No caption
No credit
No caption


Keluhan tingkat kesulitan balapan di Moto2 memang karena tingkat kompetisi cukup rapat, akhirnya kembali terlontar dari mulut Doni Tata Pradita sang pembalap Moto2 asal Indonesia yang bernaung di tim Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2). Menurutnya salah satu masalah yang ia hadapi adalah cara menikung yang ideal di ajang balap Moto2.

Jika diperhatikan dengan seksama, cara menikung Doni atau pembalap asal Asia kebanyakan dengan cara pembalap Eropa, sepertinya memang cukup besar. Dimana pembalap Eropa selalu menunjukkan gaya menikung yang sangat maksimal.

“Memang ini adalah perbedaan paling besar di Moto2. Kalau mau masuk tikungan, antara proses tutup tuas gas, tekan rem, kemudian berbelok sambil buka menggantung bukaan gas, jadi hal tersulit. Kebanyakan motor mengalami chatter (getaran berlebih), ketika dipaksakan. Makanya kebanyakan pembalap memindahkan distribusi bobot motor ke bagian depan saat menikung,” jelas Doni.

“Tujuannya adalah agar bobot motor terletak pada bagian depan. Grip depan bisa lebih baik, motor jadi mudah dikendalikan sementara ban belakang mengambil peran penting untuk mengarahkan motor. Cara ini juga membuat pembalap bisa menikung dengan sangat cepat,” bebernya.

Cara yang paling tepat untuk memindahkan distribusi bobot motor ke bagian depan, adalah dengan cara mencondongkan badan ke depan, seperti yang dilakukan Marc Marquez saat di Moto2. Nah inilah yang masih sulit diterapkan oleh pembalap dari Asia. Lantaran karakter cara bawa motor Supersport masih melekat.

Sekarang tinggal mencari cara tercepat untuk melakukan adaptasi dengan motornya. (otosport.co.id)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa