Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

FIA Perketat Regulasi di Jalur Pit, Untuk Minimalisir Insiden

Bagja - Rabu, 10 Juli 2013 | 13:09 WIB
No caption
No credit
No caption


Berbagai macam insiden yang terjadi di jalur pit beberapa musim terakhir, memang butuhregulasi khusus agar membuatnya jadi lebih safety. Nah, insiden terakhir yang membuat FIA (Fédération Internationale de l'Automobile) sebagai badan tertinggi balap mobil dunia bersikeras mengeluarkan regulasi baru di jalur pit, yaitu di Formula 1 Nurburgring, Jerman (7/7) pekan lalu.

Insiden yang terjadi adalah ketika Mark Webber melakukan pit stop. Dimana salah satu kru tim belum menyelesaikan tugasnya untuk memasang ban, sementara Webber sudah lepas dari grid pit stop. Akibatnya ban mobil belakang sebelah kanan, langsung terlepas ketika mobil berakselerasi dan mengenai Paul Allen (juru kamera) yang kebetulan berada di depan pit boks tim Mercedes GP.

Adapun bentuk aplikasi regulasi yang baru tersebut adalah dengan pelarangan orang-orang yang tidak punya kepentingan di jalur pit. Kalau pun punya lisensi untuk berada di jalur pit, pihak-pihak tersebut sudah harus mengenakan helm dan peralatan lainnya untuk safety.

Selain regulasi safety untuk individu, FIA juga merancang beberapa regulasi yang akan diberlakukan tahun 2014. Yaitu dari kecepatan 100 km per jam menjadi 80 km per jam untuk semua sirkuit. Khusus untuk F1 Australia, F1 Monako dan F1 Singapura, kecepatan maksimal akan hanya diperbolehkan 60 km per jam.

Mengenai tindakan lanjut dari hasil investigasi biang masalah terjadinya insiden saat pit stop yang dilakukan tim Red Bull, FIA menegaskan bakal meminta hasilnya untuk dibagi kepada tim lain, agar tidak terjadi masalah serupa di seri-seri mendatang. (otosport.co.id)

Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa