Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Balap Malam F1 di Bangkok, Ditargetkan Digelar Tahun 2015!

Bagja - Kamis, 20 Desember 2012 | 13:40 WIB
No caption
No credit
No caption


Ekspansi besar-besaran ajang balap Formula 1 dari daratan Eropa ke benua lain seperti Amerika dan Asia, adalah target besar pagelaran F1 untuk meningkatkan fans dan kebutuhan dunia balap Formula 1 dari berbagai belahan dunia. Nah sekarang yang paling disorot adalah pelaksanaan balap F1 di sirkuit jalan raya di Kota Bangkok, Thailand.

Tentunya ini jadi kejutan lain setelah negara yang berjuluk negeri Gajah Putih itu berhasil menggelar ajang Race of Champions di Stadium Rajamangala, Bangkok. Hal yang paling mengejutkan lagi adalah karena penyelenggaraan F1 di Thailand merupakan keinginan dari pemerintahnya.

Dimana pemerintah negara itu akan menanggung 60 persen biaya penyelenggaraan yang akan dibayar ke FOM (Formula One Management) sebagai promotor F1. Sementara 40 persen sisanya akan ditanggung oleh minuman energi yang cukup laris di Thailand yaitu Red Bull dan merek bir terkenal di sana yaitu Singha.

Kanokphand Chulakasem sebagai Menteri Olahraga di Thailand malah menginginkan F1 Thailand segera digelar pada musim kompetisi 2014. Tapi Bernie Ecclestone sebagai CEO FOM menegaskan pelaksanaan F1 di Thailand paling tidak pada musim 2015. Sebab jadwal musim kompetisi F1 hingga tahun 2014 masih sangat padat.

“Mereka meminta untuk pelaksanaan F1 pada musim kompetisi 2014 nanti. Tapi saya mengatakan itu tidak akan terjadi hingga tahun 2015. Ini serius dan saya rasa jadi pilihan terbaik,” sergah Ecclestone.

Masuknya Thailand sebagai salah satu penyelenggara balap malam di sirkuit jalan rasa di Bangkok, sangat mungkin menggeser posisi F1 Singapura sebagai penyelenggara balap malam. Pasalnya penyelenggaraan F1 di Singapura sepertinya mengalami masalah finansial pembiayaan.

Langkah pemerintah Thailand untuk mewujudkan terlaksananya ajang balap tingkat dunia sepeti Formula 1, harusnya jadi cambuk keras bagi pemerintah Indonesia. Toh, Indonesia juga punya potensi besar untuk menyelenggarakan event besar seperti ini. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa