Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mekanik Debutan Motoprix, Saatnya Pembuktian di Indoprix

billy - Senin, 18 Februari 2013 | 12:46 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Motoprix menjadi ajang pembibitan buat pembalap sekaligus saat pembuktian buat mekanik untuk naik karir. Karena jika sebelumnya masih menjadi kru atau asisten mekanik mengikuti tim atau mekanik top maka setelah cukup ilmunya dan mampu bikin mesin sendiri maka ajang Motoprix menjadi pembuka karir mekanik balap.

Umumnya karir mekanik pun berjenjang dengan mengawal pembalap sejak saat di kelas pemula standar MP5 terus naik ke pemula tune up MP3 dan MP4, sampai ke level seeded MP1 dan MP2 yang menyuguhkan persaingan ekstra keras apalagi di region 2 Jawa yang dipenuhi tim pabrikan.

Jika bisa survive mendongkrak prestasi pembalap maka nama mekanik tersebut akan jadi buah bibir dan dicari tim privateer untuk order kepala silinder atau mesin. Sekarang saatnya yang muda yang berjaya karena prestasi mekanik debutan ini kerap tak nampak jejak rekamnya beberapa tahun lalu, tapi kini bisa langsung mencuat seiring naiknya prestasi pembalap yang dipegang.

TAUFIK MANUAL TECH
Nama Taufik ini 3 tahun lalu tak dikenal di peta Motoprix Jawa karena pria pendiam ini lebih aktif sebagai kru di pasukan Manual Tech. Dengan bekal ilmu dari Ibnu Sambodo maka Taufik dilepas untuk menangani di tim BKMS dengan pembalap Adi Bontot dan R Fadhil.

Hasilnya mereka bisa eksis di kelas MP3 dan MP4 Region 2. Tapi nama Taufik justru mulai banyak dikenal komunitas balap saat memegang pembalap Ardi Satya dan M Fadli (tim HDC) di Region 2 Jawa dan Becky NR (tim Padang 88) di Region 1 Sumatera.

Pria pendiam yang membuka bengkel rumahan di Jl Kaliurang Jogjakarta ini sukses membuat nama Ardi, Fadli dan Becky jadi pembalap yang diperhitungkan. Prestasi terakhir Taufik saat M Fadli yang masih berstatus pemula MP3 bisa mengacak-acak peta persaingan kelas Rookie Cup di seri 5 IRS 2012 di sirkuit Sentul.

GENDUT RIDLATAMA

Jejak rekam prestasi Widya Kridalaksana, mekanik berbadan ekstra besar ini mulai mencuat saat bergabung di tim Yamaha Ridlatama di 2011 dengan sukses mengantar prestasi Agus Setiawan di Motoprix Region 2 sehingga pembalap asal Karang Anyar ini naik dari pemula ke kelas seeded.

Tahun 2012, giliran memegang Yoga Adi Pratam menjadi penguasa di kelas MP1 wilayah Jawa. Telaten membangun mesin balap sesuai dengan karakter balap dan sabar mencari settingan terbaik berdasarkan kondisi lapangan jadi modal mekanik yang akrab disapa Gendut.

Tahun ini Gendut akan menjajal ‘ilmu’ di level Indoprix bersama Yoga, tentu ini menjadi babak baru buat mekanik asal Pacitan Jatim ini untuk pembuktian kemampuan terbaiknya. Tapi dukungan Grup Ridlatama tak bisa dikesampingkan karena terakhir sok belakang buatan Penske Amerika pun sudah tiba dan siap dites.

AGUS KLATEN

Berawal dari belajar mekanik yang lebih dulu eksis di Jogja, kini nama Agus Budi Santoso berkibar sebagai tuner andalan Yamaha dengan prestasi Asep Kanchil Maulana (Yamaha SND KYT FDR) yang tadinya tak diperhitungkan tapi di 2011 justru melejit di Region 2 di kelas MP2.

Tahun lalu, prestasi Agus Klaten bisa dilihat dari rapor Tammy Pratama yang sukses jadi juara umum kelas MP3 dan MP4 Region 2. Bekal Agus dari Jurusan Otomotif Politeknik PPKP Jogja menjadi pondasi kuat mekanik asal Klaten untuk meriset mesin balap.

Berani menjajal ubahan teknik yang berbeda dari mekanik lain jadi trik Agus Klaten untuk mendongkrak performa Jupiter Z, dengan memainkan durasi kem tinggi dan magnet ringan agar mesin cepat menghasilkan tenaga puncak. Tak heran Sandy Agung sebagai team owner SND mengunci Agus Klaten agar betah bersama tim asal Jabar karena tahun 2013 komposisi ini tetap dipertahankan. (otosport.co.id) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa