Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Astra Motor Racing Team, Siap Beri Kejutan

billy - Jumat, 24 Februari 2012 | 18:33 WIB
No caption
No credit
No caption


Untuk kedua kalinya tim Astra Motor Racing Team (ART) yang dikelola Benny Djatiutomo menggelar sesi latihan untuk uji coba motor plus adaptasi pembalap. Pertama latihan di Sirkuit Sentul (3/2), dijajal Honda CBR250R berikut kedua motor bebeknya oleh duet Wawan Hermawan dan Denny Triyugo yang melakukan inreyen sebanyak 40 lap.

Sesi latihan kedua digelar di Sirkuit Sentul Karting yang kali ini fokus ke setup sasis dan suspensi selama 2 hari (12-13/2). Secara khusus OTOMOTIF melihat sesi latihan kedua ART selama 2 hari ini. Nampak pula hadir kru dari pabrikan Showa dan produsen ban FDR yang mendukung dengan membantu preparasi suspensi dan ban.

“Belum ada target waktu karena kami mencari setting suspensi yang terbaik dan pas dengan maunya pembalap,” kata Benny yang mengawasi proses gonta-ganti dari sok depan Kayaba ke Showa, lalu sok belakang jajal racikan Ohlins bergantian ke sok Showa Racing.

Belum lagi pembalap yang harus jajal merasakan karakter suspensi yang pas dengan ban pilihan yang akan dipakai untuk Indoprix yaitu IRC dengan pembanding ban FDR yang akan dipasang untuk OMR Honda.

Seperti halnya saat di tes pertama, catatan waktu Denny dan Wawan di sesi tes kedua ini terbilang bagus meski setting di bagian mesin dan pengapian belum dimaksimalkan. Dengan catatan waktu sudah menjanjikan seperti saat di Sentul Kecil yang sudah bermain di bawah angka 58 detik untuk motor Honda Supra X125.

Tapi yang paling utama kedua pembalap ART ini sudah terlihat tune-in dengan motor barunya. Berarti proses peralihan tim Star Racing dari Yamaha ke Honda terbilang mulus, terutama untuk Denny yang sekian tahun dari Motoprix terbiasa dengan Yamaha Jupiter Z.

Ini berarti ART kompetitif untuk menyambut seri perdana Indoprix 2012 yang akan digelar sirkuit Sentul Karting. Meski proses ubahan tak berarti terhenti karena aktivitas di bengkel Star Racing di kawasan Bambu Apus, Jaktim terus meningkat dengan melakukan riset dari Honda Blade 110, Supra X 125 dan CBR250R, terlihat dari tumpukan sasis Blade dan Supra yang siap diriset dan dites.

Termasuk sibuk menyiapkan Honda Blade 110 untuk FIM Asian Road Race Championship. Mencari data setting motor sebanyak-banyaknya menjadi target karena 2012 menjadi tahun yang baru Star Racing bergabung ke kubu Honda dengan target bisa meraih gelar juara di Indoprix.

Nada optimis nampak dari Hadijanto Santoso, technical service dept. head PT Astra International Tbk selaku prinsipal ART yang menyempatkan menengok sesi latihan. Hasil yang sudah dicapai cukup menjanjikan tinggal menanti seri pertama Indoprix di Maret. (otosport.co.id)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa