Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MINI Countryman Resmi Ikut WRC 2011

Editor - Jumat, 1 Oktober 2010 | 09:51 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Setelah santer dikabarkan tentang MINI Countryman yang akan berlaga diajang World Rally Championship (WRC) untuk musim depan, akhirnya dipastikan untuk ikut serta dalam ajang reli kelas dunia itu. MINI akan menggandeng Kris Meeke sebagai joki yang akan mengendarai mobil ini di WRC musim 2011 mendatang.

Seperti yang telah disepakati sebelumnya, MINI Countryman akan di kembangkan oleh Prodrive, salah satu tim yang juga ikut mengembangkan mesin Subaru. Mobil dari pabrikan Inggris tersebut, akan mengikuti regulasi Super2000 yang telah ditetapkan oleh FIA, yakni  menggunakan mesin 1.6 liter turbocharge 4 silinder, yang dipasok dari pabrikan mobil Jerman, BMW Motorsport.

“Tanggapan para pengamat reli tentang masuknya lagi MINI ke WRC, medapatkan dukungan positif. Hal ini semakin meyakinkan kami untuk merilisnya di ajang Paris Motor Show yang tengah berlangsung saat ini,” papar Ian Robertson, Manajemen BMW Motorsport.

Kris Meeke sendiri merupakan pereli berusia 31 tahun, yang sudah tak asing lagi di reli WRC. Meeke sudah terjun di IRC (Intercontinental Rally Championship), dan memperkuat tim Peugeot UK pada tahun 2009. Memang tak banyak prestasi besar yang dicapainya, satu kali juara Junior British Rally Championship di tahun 2002, selebihnya hanya persaingan-persaingan kelas menengah saja.

Dengan kembalinya MINI musim depan, tentunya ini akan membangkitkan ingatan para pecinta reli dimasa lampau. Seperti tahun 1960, merek ini pernah turun dengan model S Cooper-nya yang menggunakan mesin Ford V8.

“Ini merupakan proyek besar dan sangat menarik, mengingat ciri yang diciptakan MINI itu sendiri nantinya. Dengan masuknya MINI kami yakin, persaingan akan semakin kompetitif lagi,” ujar David Richards, pimpinan Prodive.

Tentunya kemampuan mobil cilik nan mungil ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena mereka akan didukung teknisi terbaik dan tentunya paket mesin yang cukup kompetitif. Kita tunggu saja kiprah mereka di WRC musim depan.

Penulis : Heru
Foto : Haymarket Media Group

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa