Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tampung Aspirasi Komunitas

Editor - Kamis, 26 Agustus 2010 | 11:25 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET -  Bagai oase di gurun pasir. Itulah yang bisa digambarkan untuk event Kentucky Fried Chicken (KFC) Rally yang akan digelar dari Bandung hingga Dawuan, Jawa Barat pada 16-17/10 mendatang. Event reli komunitas yang diselenggarakan Serge Motorsport ini juga seperti mengobati kerinduan pereli yang tidak bisa berlaga karena batalnya event kejurnas.

"Event ini sengaja diadakan untuk tetap menjaga rutinitas pertemuan komunitas otomotif Indonesia. Apalagi kejurnas reli tahun ini sudah dibatalkan. Karena itu, selain digelar kelas 2 wheel drive dan 4 wheel drive, juga kelas jip, retro (grup S) serta grup N," sebut Ricardo Gelael, sang pemrakarsa KFC Rally.

Toh, tak dipungkiri, KFC Rally bisa menyelamatkan para pereli yang sudah terlalu sering diombang-ambingkan ketidakpastian jadwal kejurnas tahun ini. Terutama pereli yang terlanjur terikat kontrak dengan para sponsor. Seperti yang dialami Eddy WS (Suzuki Spectra Indocafe Rally Team). "Paling tidak, tertolong laporan ke sponsor adanya KFC Rally. Di samping juga lebih murah karena di dekat Jakarta dan pesertanya banyak," kata jawara GR2 dari Medan itu.

Untuk mengikuti event yang sebagian special stage (SS) nya di kebun tebu Pasir Bungur, Subang itu, Eddy mengup grade Suzuki SX4-nya menjadi 160 dk.
Lain lagi Hade Mboi. Menurut navigator andal ini, tidak utama kejurnas atau tidak. Yang penting ada event reli. "Karena percuma saja telah menyiapin mobil bagus, harganya mahal dan kompetitif, tetapi tidak ada event. Semisal event reli cap obat nyamuk pun kami pasti turun. Karena semakin banyak mengikuti event, maka skill pereli akan makin terlatih," ungkap Hade.

Hade rencananya juga akan turun mendampingi Subhan Aksa (driver). Bahkan timnya juga menerjunkan Akbar Hadianto/Arijanto serta Sadikin Aksa/Mago Sarwono. "Bahkan saya usul, enggak perlu ada kejurnas, namun ada beberapa event klub di beberapa pengprov. Taruhlah ada 8-10 event setahun. Nah, puncaknya seperti KFC Rally ini," sambung Hade.

KFC Rally 2010 dipastikan formatnya berbeda dari kejurnas. Dari sisi jarak tempuh saja lebih pendek. KFC Rally akan menempuh total jarak 129 km, sedang kejurnas antara 160-175 km. Juga tidak perlu parc ferme malam hari seperti di kejurnas, dan touring stage tidak perlu dihitung waktunya.

"Singkatnya, formatnya berbeda dengan kejurnas. KFC Rally relatif tidak begitu memberatkan peserta dari sisi pembiayaan. Dari segi regulasi juga lebih ringan.Secara pribadi, saya tidak sependapat kalau KFC Rally sekalian dijadikan kejurnas. Lebih baik mempersiapkan regulasi untuk kejurnas buat tahun depan," terang Poedio Oetojo, pimpinan perlombaan KFC Rally 2010.

Yang menarik, semangat menampung aspirasi komunitas reli dikedepankan. Maka itu dibuka kelas khusus jip yang selama ini tidak diperbolehkan mengikuti kejurnas dan kelas retro (Grup). Diharapkan dengan ditampungnya beberapa kelas ini pesertanya akan membludak. Responnya pun luar biasa. Meski secara resmi pendaftaran belum dibuka, sudah puluhan pereli menyatakan akan ikutan.

Penulis/Foto: Bud / Reza

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa