Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tengok Perubahan Anyar Triumph Daytona 675 dan 675R

Dimas Pradopo - Jumat, 16 November 2012 | 10:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Turut berpartisipasi dalam event EICMA 2012, Triumph menghadirkan dua varian motor teranyar, Daytona 675 dan Daytona 675R. Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, pabrikan kendaraan roda dua asal Inggris tersebut menyingkapkan detail kedua kuda besi supersport anyarnya ini.

Tak dipungkiri, 675 cukup banyak mengalami pembaharuan. Salah satunya ada di mesin Inline Triple Cylinder. Diameter silinder lebih besar dan stroke yang lebih pendek mampu menghasilkan konfigurasi oversquare hingga putaran mesin limit di 14.400 rpm, sedikit lebih tinggi dibandingkan versi sebelumnya. Tidak ketinggalan juga lapisan keramik pada silinder yang berperan menambah kekuatan jantung mesin.

Untuk versi terkini, Triumph Daytona 675 memiliki twin fuel injector yang mendorong peningkatan pada semua kecepatan mesin. Air intake berukuran lebih besar pada moncong fairing memungkinkan udara mengalir langsung melalui headstock dan ruang pembakaran.

No caption
No credit
No caption

Selain itu, proses pembakaran 675 diklaim lebih efisien berkat ukuran diameter katup yang tetap sama dengan versi keluaran tahun lalu. Yang tak kalah istimewa adalah material klepnya sudah menggunakan klep titanium.

Capaian tenaga Triumph Daytona 675 meningkat 2 dk menjadi 126 dk pada 12.600 rpm. Sedangkan untuk torsi sendiri mengalami pembesaran sebesar 2 ft-lb hingga mencapai angka 55,3 ft-lb. Secara keseluruhan, 675 berbobot 183 kg, lebih ringan sekitar 1,3 kg dibanding versi sebelumnya.

Fitur baru kopling slip assist dapat meringankan tuas kopling sekaligus mengurangi loncatan roda belakang saat terjadi downshifting kasar atau pengereman mendadak. Untuk traksi yang lebih optimal, seri terbaru Daytona ini menggotong fitur sensor kecepatan dan ABS baru. Kaki-kakinya, suspensi 675 menggunakan edisi revisi dari KYB yang dipadu apik dengan karet ban Italia, Pirelli Supercorsa.


Perubahan yang dapat dilihat secara kasat mata pada 675 anyar terdapat pada posisi exhaust. Jika pada versi pendahulunya knalpot terletak di bagian undertail, kini diletakkan menyamping di bawah mesin yang memberikan keuntungan berupa peningkatan performa pada sentralisasi berat.

Begitu juga dengan body yang terkesan lebih sangar. Bentuk yang lebih tajam dan kaku, serta wheelbase yang lebih pendek memancarkan kegesitan Triumph Daytona 675. Memperhatikan kenyamanan berkendara, tinggi jok motor direndahkan 0,5 inci dan setang motor sedikit ditinggikan untuk meringankan beban pada pergelangan tangan saat mengemudi.


Secara keseluruhan, 675R tidak terlalu berbeda dengan model standar 675. Perbedaan dapat ditemui pada kaki-kaki 675R yang dipersenjatai suspensi depan garpu Ohlins NIX30 dan rear shock TTS. Hasilnya, lebih banyak pilihan setting suspensi. Kaliper Brembo monobloc juga menjadi salah satu pembeda si roda dua lebih bertenaga ini.
 
Di samping itu, aksesoris quickshifter khas pabrikan Triumph turut menjadi perlengkapan standard pada model 675R. Performa lebih prima diperkuat dengan penampilan fisiknya yang dilengkapi dengan panel serat karbon dan roda belakang yang lebih jumbo. Rangka belakang kelir merah dengan aksen pinstrip merah menjadi ciri khas 675R.

Kedua tunggangan Daytona ini rencananya akan dirilis bulan Februari 2013 mendatang. Jaminan garansi dua tahun tanpa batas kilometer menjadi salah satu benefit yang akan diberikan kepada para pembeli. Tertarik? (motorplus-online.com)



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa