Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Batas Maksimal Ukuran Ban Suzuki Skywave

Editor - Rabu, 6 Oktober 2010 | 11:52 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Punya kapasitas mesin 125 cc, lantas berbodi agak bongsor, itu me­ru­pakan keunggulan Su­zuki Skywave untuk di­tung­gangi. Namun untuk dimodifikasi soal kaki-kaki, sepertinya ada keterbatasan perlengkapan. Dengan diameter pelek 16 inci, tak terlalu banyak pilihan ban yang tersedia di pasaran.

“Memang, agak susah un­tuk memodifikasi kaki-ka­ki ini jika masih menggunakan ukur­an pelek standar,” ujar Reza, peng­guna Skywave 2008. Tentu saja, selain diameter peleknya 16 inci, ada hal lain juga yang membuat keterbatasan ukuran ban pada skutik yang boks bagasinya luas banget ini.

No caption
No credit
No caption

.
No caption
No credit
No caption

Pada roda depan, perlu diperhatikan sisi dekat sepatbor
No caption
No credit
No caption

Suzuki Skydrive sokbreker tunggal di belakang pilihan merdeka

Sokbreker belakang Skywave, tiang gawang bagi ban

Yaitu pada roda belakang, sisi kiri dan kanannya ‘terjaga’ oleh tiang gawang alias sokbreker. Jadi, tak seperti skutik lain yang bisa menggunakan pelek dan ban lebar hingga ukuran 120 ke atas, pengguna Skywave mesti berserah diri dengan menggunakan ban ukuran maksimal 110/90 di belakang.

“Itu pun sudah sangat mepet, dengan masih menggunakan sok­breker standar, kalau pakai sokbreker aftermarket yang dia­meternya lebih besar, makin sempit lagi ruang untuk ban,” terang Reuben, dari BRS, Kalimalang, Bekasi.

Pilihan ban, tentu tak banyak. “Bisa pakai Swallow, ada yang ukuran 16 inci,” jelas Fitri dari F16 Motor, di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Banten. Ukurannya pun tak banyak, 80/90 dan 90/90 dan 100/80. Selain itu merek lain seperti FDR pun ada yang menjual ban dengan ukuran seperti ini. Kisaran harga ban ini Rp 450 ribuan untuk depan dan belakang

Sementara pemilik Suzuki Spin dan Skydrive sebagai pengguna sokbreker tunggal di belakang, tentu lebih merdeka soal memilih ban dan pelek karena ruang belakangnya lebih luas ketimbang Skywave.

F16 Motor: 021-93339816

Penulis/Foto: Ben / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa