Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kabel Kelistrikan Honda Tiger Gosong? Ayo Telusuri Masalahnya!

Editor - Jumat, 24 September 2010 | 12:38 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Alangkah kagetnya Amir, sebut saja begitu, saat mendapati Honda Tiger-nya ngeluarin asap. Bukan asap dari lubang knalpot, tetapi berada persis di bawah tangki bahan bakarnya. Waduh! Tentu ini bikin karyawan swasta itu pun panik.

Memang, gejala ini sebenarnya sudah mulai terasa, tiap kali berkendara di malam hari, sesaat sebelum jalan, sempat tercium bau hangus. “Mungkin ada orang bakar sampah,” pikirnya. Tentu saat melaju baunya tak sampai ke hidungnya lagi. Sampai, suatu malam ia terpaksa berhenti karena mendapati asap mengepul dari balik tangkinya.

No caption
No credit
No caption

.
No caption
No credit
No caption

Soket kelistrikan, mesti terhubung rapat
No caption
No credit
No caption

Sepul kawat 'segar' arus listrik lebih lancar

Kabel bodi, lama kelamaan bisa getas

Selidik punya selidik, ternyata sumber hangus ada di kabel pengisian. Dari sepul ke bagian kelistrikan lainnya. Terlihat bagian soketnya gosong. Kenapa bisa gitu? Dari bentuknya terlihat bagian kontaknya merapat satu sama lain.

Hal ini disebabkan posisi antarterminal kabelnya berdekatan dan ketika sambungannya longgar, tentu akan timbul lompatan bunga api. Lama kelamaan tentu akan melelehkan plastik rumah terminalnya. Akhirnya kedua kutub pun berhubungan dan membuat hubungan pendek kedua arusnya.

Maklum, kan sudah dipakai beberapa lama dan  kondisi ini berjalan terus, maka terjadilah kondisi ini. “Kalo sudah begini kudu ganti soket lebih besar,” ungkap Sutrisno, dari Jawa Motor di kawasan Paal Tujuh, Jakbar.

Tentu setelah mengganti kabel-kabel yang gosong. Tujuannya agar kondisi seperti tadi tidak terulang lagi. Sebenarnya ada kiat untuk tunggangan di atas 5 tahun, untuk memeriksa kondisi kabel bodi, soket-soket serta beberapa peranti kelistrikan lain. Jika masih dalam kondisi baik, tentunya harus menjaga konektor atau soket-soketnya.

Perhatikan ikatan konektornya, jangan sampai longgar, goyang-goyangkan soketnya, lantas jika longgar rapatkan soket menggunakan obeng kecil agar jepitannya makin rapat. Begitu pun sambungan kabelnya jangan sampai serabut-serabutnya ada yang lepas. Jika ada, segera gunting saja serabutnya.

Tetapi ada juga yang mungkin luput dari perawatan sehari-hari. Karena memang tidak bisa dijamah, seperti sepul. Karena pemakaian cukup lama, kemungkinan kualitasnya tidak sempurna lagi. Baiknya sepul ini pun diperiksa.

Jika lampu terlihat redup, atau kelengkapan yang berhubungan dengan kelistrikan lainnya juga kurang baik, kemungkinan sepul tidak memberikan arus listrik yang cukup ke aki. Salah satu caranya dengan menggulung ulang sepul menggunakan kawat sepul yang masih ‘segar’. “Dengan itu kondisi arus listrik akan lebih baik,” tutur Tris.

Jawa Motor: 0815-9981522

Penulis/Foto: Ben / Dok.Otomotif, Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa