Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Voltsmeter Di CBR 150R, Cegah Electrik Starter Ogah Nyala

Editor - Rabu, 26 Mei 2010 | 17:29 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tunggangan aduan alias motor balap memang kerap didorong untuk menghidupkan mesinnya, maklum beberapa peranti sudah dilepas agar bobot jauh berkurang.

Tapi kalau sehari-hari mesti men­dorong motor? Siapa yang tahan, bukan? Nah, seperti pada Honda CBR 150 yang memang tak dilengkapi dengan kick starter, ”Intinya, kondisi aki mesti terkontrol, agar motor starter mendapat suplai listrik yang cukup,” jelas Marsell, dari King Bee Racing (KBR)  di kawasan Puri Kembangan, Jakbar. 

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Terutama pada CBR yang sudah dilengkapi berbagai aksesori, seperti lampu HID, serta angel eyes atau peranti seperti pompa air elektrik yang banyak ‘makan’ listrik dari aki.

Agar terkontrol, tentu perlu alat yang bisa mendeteksi kondisi aki, yaitu voltmeter . Alat ini akan membaca besaran voltase yang diterima dari aki.

Mulai dari 8 volts hingga 18 volts. Kondisi lemah, terbaca dari besarannya, ketika berada pada ambang di bawah 10 volts. Sementara aki memiliki setrum yang cukup, saat sudah berada di 12 volts ke atas.

Berbagai macam voltsmeter dijual di pasaran, namun sebaiknya gunakan alat yang bisa tahan air dan memiliki tatakan agar bisa ditempatkan di motor, seperti Autogauge ini. Jika tidak pun bisa dibuatkan dudukannya sendiri.

Di pasaran harganya dilego mulai Rp 200 hingga 350 ribu rupiah per unitnya. Ada yang memiliki kaca transparan ada juga yang dilapisi kaca atau plastik smoked, sehingga tampak gelap, dan baru akan kelihatan setelah lampu di dalamnya menyala (gbr.1).

Lalu bagaimana memasangnya? “Cu­kup mudah, tinggal menyambungkan ka­bel-kabel yang terhubungkan pada volts­meternya saja,” tukas Marsell. Ada tiga kabel yang terdapat pada peranti tersebut (gbr.2).  Kabel merah orange dan hitam.

Sambungkan kabel positif (merah pada voltsmeter) pada jalur kunci kontak yaitu pada urutan kedua dari kanan pada soket di bawah tangki (gbr.3), sehingga ketika kunci kontak pada posisi ON kondisi aki akan terbaca. Lalu hubungkan dengan kabel hitam (gbr.4). Kemudian, satu kabel lain disambungkan pada ground (kabel hitam pada voltsmeter)  dan kabel orange pada voltsmeter tidak dipakai .

Nah, setelah terhubung, CBR kesayangan pun sudah terpasang pemantau kondisi aki. Enggak perlu didorong lagi.

King Bee Racing : 021-37480809

Penulis/Foto: Ben / Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa