Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Laher Komstir Yamaha

Editor - Sabtu, 25 Oktober 2008 | 06:49 WIB
Subtitusi Laher Komstir Yamaha
Subtitusi Laher Komstir Yamaha

OTOMOTIF - Laher komstir Yamaha bisa saling tukar. Dari tipe bebek, skubek dan sport. Sehingga bagi yang tinggal di daerah dan menggunakan skubek Nouvo, tidak perlu takut kesusahan mencari laher komstir lantaran motornya sudah mulai jarang.

Ini kejadian yang langsung dialami kru redaksi. Ketika mudik ke Indramayu, Jawa Barat, servis Yamaha Nouvo di bengkel resmi Yamaha PT Jaya Mandiri Gemasejati.

Gejalanya setang setir berat saat motor diajak berbelok. Tetap berat meski mur komstir sudah dikendurkan. 


Akhirnya ditangani langsung oleh kepala mekanik yang punya nama Tata Kuswata. Setelah dibongkar, ternyata dudukan bola-bola atau pelor sudah aus dan konturnya naik-turun. Dianjurkan laher set komstir (race ball) diganti.

Duh, kaget juga! Lantaran Yamaha Nouvo unitnya sedikit. Jangan-jangan stok spare-partsnya langka atau malah tidak ada. Apalagi laher komstir bukan termasuk fast moving yang waktu penggantiannya cukup lama. 


Namun rasa cemas itu sirna. “Laher komstir tiap tipe Yamaha sama. Jadi bisa saling tukar. Yamaha Nouvo bisa pake dari Mio atau Jupiter-Z,” jelas Tata dari bengkelnya di Widasari, Jatibarang, Indramayu.

Lebih rinci Tata membuka buku katalog spare-parts Yamaha. “Kode race ball bagian atas semua tipe bebek, skutik, RX-King dan RX-Z yaitu 22F-WF234-00. Sedang yang bawah 156-WF234-00,” cerita Tata.

Harga kedua laher komstir atas-bawah itu sama. Yaitu Rp 36.300. Total kalau ganti atas-bawah tinggal dikalikan dua. Itu sudah dapat satu set, terdiri dari bola dan sangkar serta dudukannya komplet. Mau?

SCORPIO DAN V-IXION

Untuk motor sport sekarang, Yamaha tidak main-main. Seperti untuk Scorpio dan V-ixion, set laher komstir lebih gede. Sehigga beda dengan bebek atau skutik. “Tapi antara punya Scorpio dan V-ixion, juga sama persis dan bisa saling tukar,” jelas Tata yang berulit sawo matang itu.

Dijelaskan lebih rinci juga sambil juga buku katalog komponen Yamaha. Kode laher set Scorpio dan V-ixion adalah 5BT-WF341-00. Dijual satu set atas-bawah. Jadi tidak dijual terpisah.

Mungkin karena lebih gede dan unit motornya juga lebih sedikit, harga yang ditawarkan lumayan tinggi. Satu set dilego Rp Rp 392.700. Lumayan beda jauh dibanding untuk tipe bebek dan skubek.

JANGAN PILIH IMITASI

Harga yang ditawarkan komponen imitasi memang menggiurkan. Satu set laher komstir untuk atas atau bawahnya berkisar Rp 15.000 sampai Rp 20.000. Tapi, risikonya bisa dua kali lipat.

Seperti dialami Gatot Subagio pada Yamaha Nouvo miliknya. Manajer bengkel resmi Jaya Mitra Abadi itu lantaran terburu-buru dan kejadiannya di tengah jalan, sembarang pasang pakai versi imitasi.

Anehnya laher komstir tidak bisa diseting sempurna. “Kalau dikendorin malah kelewat longgar dan oblak. Begitu dikencangkan malah jadi terasa sangat berat. Setang setir repot dibawa belok kiri-kanan,” jelas Gatot dari bengkelnya di Jl. Mustiksari, No. 10, Bekasi Timur.

Itu karena kurang preisi. Biasnya laher komstir imitasi kurang pas ketika dipasang. Akibatnya meski mur dikencangkan tetap saja seperti masih oblak. “Cincin laher seperti longgar dipasang di as komstir,” jelas Tata.

Penulis/Foto: Aong/Endro

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa