Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Mika Lampu Rem Belakang

Editor - Kamis, 23 Oktober 2008 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

gambar.1

gambar.2

OTOMOTIFNET - Ibrahim biker asal Indramayu dan anggota klub Nouzer sebel bukan main gitu lihat mika lampu rem belakangnya pecah. Apalagi katanya kalau sengaja tidak dipasang dengan maksud tambil beda. Nah, cara ini yang mestinya ditindak. Tentu kalau nggak bisa lagi ditegur baik-baik.

Persoalannya, si pengendara yang begini ini nggak pernah tahu kalau bohlam lampu rem ukuran 18 watt/12v lagi ON bakal nyorot langsung muka Ibrahim sebagai pengendara di belakang (gbr. 1). Selain bikin silau mata, kalau tidak siap bisa nabrak atau malah ditabrak.

Sayang pencopotan mika lampu rem belakang yang berwarna merah ini lebih sering dilakukan pada motor baru. Itu lho, yang bentuk mika bagian luar dan dalamnya terpisah. Tak heran kalau mika lampu rem pecah bukannya segera diganti, tapi malah dicopot semua. Nggak tahu dia kalau bikin silau.

“Ketimbang bikin susah orang lain, mending mika lampu rem yang sengaja dicopot tadi dipasang kembali. Atau kalau memang pecah, segera diganti baru. Apalagi cara pasangnya mudah dan nggak perlu harus pergi ke bengkel,” wanti Slamet Edi mekanik Selta Motor di Batu Ampar II, Condet, Jakarta Timur.

Memang, di pasaran harga mika lampu rem di pasaran bervariasi. Semisal mika lampu orisinal punya Yamaha Vega, satu set bisa ditebus kisaran Rp 135 ribu. Untuk produk KW2-nya bisa dibeli terpisah. Artinya, harga bisa setengahnya. Begitu juga mika lampu rem belakang merek lain.

Jadi, kalau memang berniat pasang kembali mika lampu rem, cukup siapkan obeng kembang. Tidak lupa mika yang mau dipasang (gbr. 2). “Baru deh lepas dua sekrup pengikat mika tadi pakai obeng. Kemudian, tempatkan mika di sekat bodi reflektor yang tersedia agar air tidak gampang masuk. Tentu sebelum 2 sekrup tadu kembali dipasang,” tutup pebengkel kelahiran Surabaya itu.

Benar enggak?

Penulis/Foto: KR15/ENDRO

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa