Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Awas Salah Penanganan!

billy - Rabu, 23 November 2011 | 08:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dilarang sembarang menangani
Para ahli medis terutama yang concern dengan kehidupan biker banyak yang  prihatin. Banyak kecelakaan fatal jadi penyebab kematian karena penolongnya nggak memiliki pengetahuan cukup saat menangani pertolongan pertama.  

”Banyak penyebab kematian atau kelumpuhan serius bukan disebabkan karena kecelakaan itu sendiri.  Tapi salah menangani saat lakukan pertolongan,” buka dr. Aviandy Sukarto MSc.SpKP ahli kedokteran komunitas.

Dr. Tandean Arif Wibowo yang sering menangani kecelakaan jatuh dari motor saat balap motor menambahkan. ”Jika ada korban jatuh, kita tidak boleh buru-buru mengangkat.”

Tandean menceritakan pengalamannya. Saat ada racer jatuh, banyak yang buru-buru mengangkat korban dan dipindahkan ke tempat  aman. Ini bahaya! “Jika terjadi multiple trauma, alias luka yang banyak di tubuh, kita wajib curiga lehernya patah. Dengan begitu, neck-holder alias penyangga leher wajib dipasang,” wanti Tandean.

Ini harus diwaspadai, jika cedera patah leher dan langsung diangkat, sumbu tubuh alias zona tulang belakang akan tidak lurus. Tulang leher cedera dan bengkak akan menjepit syaraf dan mengakibatkan kelumpuhan.  “Penyangga leher berguna agar kepala tidak bergerak ke kanan-kiri hingga tak ada syaraf terjepit,” katanya.

Sederhananya, jika kita bertemu korban jatuh di jalanan, ingat jalan pernafasan dan circulation alias sirkulasi pernafasan. “Coba tanya kesadarannya dengan cara menanyakan nama atau hari apa. Jika ia menjawab, artinya memang sadar dan jalan nafas dari hidung, tenggorokan ke paru-paru berjalan normal. Breathing atau pernafasan ini berhubungan dengan airway atau jalur nafas,” lanjut Arif lagi.

Dada yang naik turun menunjukkan kalau ia memang mampu bernapas. Sedang sirkulasi berkaitan dengan  peredaran darah dan jantung. ”Yang ketiga ini memerlukan pengecekan detail,” pasti Tandean.

Dalam beberapa kasus, saat ada korban jatuh, ia tidak dibaringkan di tempat rata, diberi bantal atau malah kepala dipangku. Tidak lurusnya posisi ini membuat korban makin sulit bernafas dan bisa meninggal. Jika tidak memiliki pengetahuan memadai sebaiknya memang diamkan dan panggil petugas medis terdekat.


Jaga jalur pernafasan
Jangan Diberi Minum

Dalam situasi lain, kita sering menemukan kejadian korban diberi minum saat terbaring lemah di jalanan. Latar belakangnya tentu ketidak-tahuan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan atau budaya kita yang sering memberi minum dalam situasi traumatis.

”Jangan! Kemungkinan ada darah beku atau muntahan yang tertelan bersama air.  Akibatnya, paru-paru bisa tersumbat dan korban bisa gagal bernafas,” bilang Arif.

Dalam situasi yang sangat darurat dan sepertinya hanya patah tulang tangan kaki dan lainnya, penolong bisa ikut menangani. ”Yang pasti posisinya dibuat jadi tetap, seperti mengikatnya dengan kayu atau papan. Ini bisa meminimalisir cedera yang dialami,” tambah Sonny Soeng, pemerhati biker yang sering malakukan adventure bermotor ke tempat terpencil.    (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa