Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Jaket, Beda Bahan Beda Perlakuan

billy - Minggu, 20 November 2011 | 06:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Musim hujan sudah datang. Buat pengendara, cuaca seperti sekarang ini pasti butuh kegiatan ekstra. Maklum, guyuran air dari langit sering datang tiba-tiba. Kalo nggak ada persiapan, jaket yang setia melindungi di kala panas atau tidak hujan jadi lain urusan. Persiapan membawa jas hujan nggak selalu, juga nggak menjamin jaket bebas dari basah. Perawatan jaket jadi mutlak dilakukan.

Kalau dibiarkan begitu saja, jaket jadi gampang rusak. Terlebih lagi di kondisi cuaca yang nggak menentu dapat mempengaruhi kelembaban udara. Ujung-ujungnya tentu berpengaruh ke soal perawatan. Beda bahan lain pula di cara perawatan. Yuk kita simak satu per satu trik merawat pelindung bandan pengendara itu. Terutama di teknik dan cara membersihkan atau mencuci jaket. Tentu biar jaket tetap segar dan nggak bikin kulit lembab.

Kulit
Di antara jaket pengendara,  bahan kulit paling gampang dirawat. "Cukup dilap kain. Sebaiknya jangan pakai bahan kimia yang bisa merusak kulit," pesan Yudan dari Joker Leather, produsen jaket kulit di Jl. Raya Bogor, Km. 20, Kramatjati, Jakarta Timur.
Kalau kehujanan cukup digantung dan diangin-anginkan.

No caption
No credit
No caption

Semikulit
Perawatan bahan semikulit hampir mirip dengan jaket bahan kulit. Jauhkan dari bahan kimia yang malh bisa merusak bahan. Walau semi, kalau terkena bahan kimia, bisa pecah-pecah, atau kaku. Jangan dicuci, cukup diangin-angin. Kalau ada kotoran yang sulit bisa gosok pakai lap basah.
No caption
No credit
No caption

Nilon
Perawatan jaket nilon bisa dicuci, tapi jangan masuk mesin cuci. "Lebih baik dicuci tangan. Bisa disikat. Tapi nggak perlu terlalu keras. Sebab kalau terlalu keras, serat jaket mudah rusak. Jadi berbulu," pesan Asep ‘Juragan’ Hendro, dari AHRS Racing Product di Jl. Tole Iskandar, No. 162, Depok, Jawa Barat.
No caption
No credit
No caption

Katun
Bahan katun banyak macamnya. Katun tipis sampai tebal. Bahan ini paling gampang dirawat. Dicuci bisa masuk mesin cuci atau juga dikucek biasa. Boleh juga sedikit disikat. Yang penting perhatikan kekuatan katun biar nggak gampang berbulu.

Goretex
Jaket dangan bahan goretex, saat ini memang paling banyak diminati pengendara. Apalagi untuk dipakai turing. Ketika mencuci jaket berbahan goretex nggak perlu pakai sikat. Cukup dikucek pada bagian yang dianggap kotor. "Goretex kualitas rendah sekali sikat bisa langsung berbulu," pesan Asep Hendro.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa