Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Virus Modifikasi Dari Bali, Detail Asyik Menarik

billy - Rabu, 5 Oktober 2011 | 15:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Berkumpulnya
modifikasi pada Yamaha Cuzztomatic 4, Bali memberikan gambaran virus atau tren modifikasi terbaru di Pulau Dewata! 

Tubular Byson

Yamaha Byson itu sudah tercipa begitu gagah. Banyak yang bilang dibiarkan tampil standar pun sudah oke. Tapi, bagi beberapa modifikator di Bali masih ada yang perlu disempurnakan. Misalnya memberikan aksen pipa tubular seolah-olah bagian dari rangka.

Inspirasi sudah pasti dari Ducati. Ada beberapa model deltabox atau rangka bohongan yang dibuat oleh para modifikator Bali. Supaya lebih menarik bisa ditambah dengan pemberian warna yang menyala sehingga jelas terlihat.

Hal yang perlu diperhatikan saat pembuatan ini selain model atau konstruksinya adalah mengenai ukuran pipa. Harus pas supaya tidak terlihat aneh.

No caption
No credit
No caption

Lamp Guard

Rumah modifikasi Deus coba hadirkan virus baru dalam aliran Jap's Bike dan sejenisnya. Detail baru yang mereka tawarkan memasang lamp guard di lampu utama. Inspirasi ini berawal dari komunitas mobil.

Hal itu diakui sendiri oleh Ketut Masteng, selaku manajer Deus. "Awalnya memang saat modifikasi mobil off-road, tapi terbukti begitu diaplikasi di motor tanggapannya juga positif," ungkapnya.

Pelindung ini tidak akan mengurangi pancaran cahaya. Malah memberikan keuntungan jika terjadi kecelakaan, lampu akan terlindung dan bisa tidak pecah. Untuk membuatnya sebenarnya bisa dengan menggunakan kawat, bisa juga pakai fiber.    

No caption
No credit
No caption

Lampu Sipit

Hal lain yang banyak terlihat saat berlangsungnya Yamaha Cuzztomatic 4, Bali perubahan tampilan lampu-lampu pada  Mio, Xeon atau Nouvo. Head lamp yang merupakan salah satu ciri dari sebuah motor sekarang terlihat mengecil atau sipit.

Padahal sebenarnya semuanya masih menggunakan lampu original. Para modifikator tadi menggunakan semacam bodi kit yang ditempelkan sehingga membuat lampu terlihat sipit.

Memang efek negatifnya bisa mengurangi pancaran sinar lampu. Karena itu bodi kit tadi harus didesain sedemikian rupa supaya fungsi lampu tidak berkurang jauh. Biasanya bodi kit dibuat dari fiber.

No caption
No credit
No caption

Towing Mika

Sejak beberapa tahun yang lalu memang sudah ada yang mencoba memasangkan towing mobil di motor. Towing ini adalah semacam part yang menjadi pegangan saat mobil ditarik jika mogok atau bermasalah.

Jika yang aslinya towing ini dibuat dari besi, maka banyak anak muda Bali yang kreatif membuatnya dengan menggunakan mika.

Tentu saja dengan kreasi seperti ini harganya akan jauh lebih murah. Bentuk dan ukurannya sama persis dengan towing aslinya.

Supaya lebih menarik, mika ini sebaiknya dicat dengan warna cerah atau kontras dengan cover bodi motor. Supaya hasil kreasi kita jadi jelas terlihat. Cocok diaplikasi motor bergaya fashion standar bertema racing.  


Jari-Jari Tembus Bodi

Terlihat pada beberapa motor peserta Cuzztomatic 4 region Bali, yang aneh bagian bodinya. Seperti ada garis-garis di cover yang taunya dibuat dari besi atau kawat. 

Penempatannya bisa di mana saja. Misalnya di cover samping, sepatbor depan atau belakang juga oke. Cara membuatnya dengan melubangi bodi supaya batang jari-jari atau kawat tadi bisa menempel dengan baik.

Membuat semacam alur atau garis rapi. Langkah ini tentunya bisa memberikan nilai yang lumayan. Terlebih jika memang sesuai dengan konsep.      (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa