Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Posisi Kaki Di Skubek, Awas Jadi Kebiasaan Buruk!

billy - Selasa, 4 Oktober 2011 | 07:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Riding
position penting buat safety. Di sisi lain, banyak rider menganggap sepele dan menjadikan riding position salah sebagai kebiasaan!

Injak Footstep Boncenger

Ini sebenarnya posisi siaga. Terutama saat berada di kecepatan tinggi atau jalan lengang. Cocok diterapkan di motor ber-back bone. Tapi untuk konstruksi skubek yang matik ini, posisi begini memang sangat kurang cocok.

Sesekali mungkin bisa dilakukan tapi hanya sebatas perenggangan. Dalam kondisi macet atau jalanan padat, posisi kaki menjadi agak jauh ketika menjangkau jalanan, beda dengan posisi ideal di dek.
Jadi walau dalam posisi siaga, sekali lagi tetap tidak cocok untuk skubek. Jangan sampai hal ini jadi kebiasaan. Posisi ergonomi sesantai ini tetap bisa mengundang maut.

No caption
No credit
No caption

Kaki Di Atas Dek

Beberapa brother melakukan ini jika solo ride. Untuk ketahanan berkendara, posis ini membuat punggung tertarik dan cepat  pegal. Di sisi ini saja, kemampuan riding brother akan berkurang terutama mengantisipasi gangguan mendadak.

Nggak cuma itu, posisi ini menyebabkan kita kurang menekan kemudi bagian depan terutama saat menikung.

Roda depan akan lebih melayang dan ringan karena tidak ada beban di depan. Diameter roda matik yang relatif kecil membuat bahaya semakin besar jika suka pada posisi seperti ini.

No caption
No credit
No caption

Kaki Melebar

Posisi ini paling banyak dilakukan. Sadar atau tidak motor sampeyan menjadi lebih lebar dari seharusnya.

Artinya, kaki sampeyan sewaktu-waktu bisa jadi bemper hidup jika ada motor lain di samping atau kendaraan lain dari arah berlawanan.

Banyak kejadian dengan cedera parah sudah terjadi karena perilaku salah ini.

Selain kaki bisa patah, rider dipastikan akan terjatuh dan tertabrak kendaraan lain dari arah depan atau belakang.

No caption
No credit
No caption

Ajaib Dan Berbahaya

Apa boleh buat, beberap biker menganggap motor ini sebagai kursi untuk santai. Di beberapa kasus mereka santai menyilangkan kaki  seperti di gambar Ini.

Bayangkan jika tiba-tiba ada orang  menyeberang, melindas lubang, menikung atau se-suatu yang mendadak menghalangi.

Bisa dipastikan reflek pertama dari rider itu adalah merubah kaki menyilang itu ke posisi semula dan dia akan terlambat mengkritisi handling atau melakukan pengereman. Peristiwa terlambat ini yang nantinya akan melahirkan petaka!


Posisi Ideal

 Ini dia posisi paling ideal dan benar. Yakni, posisi kaki menginjak dek agak ke depan, dengan posisi  rider sigap waspada, siku juga membentuk sudut yang tidak terlalu sempit juga tidak terlalu lebar, rileks dan fleksibel memegang kemudi. 

Jarak antara lutut  dan siku juga terjaga hingga siku pengendara tidak akan terganjal lutut demi untuk antisipasi maksimal.

Dengan posisi kaki seperti ini, akan cepat menginjak jalanan jika diperlukan. Seperti ketika sedang asyik menekuk tikungan tajam tapi karena jalanan licin, roda belakang tiba-tiba out dan motor nyaris terjerembab, kaki bisa langsung mengkoreksi (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa