Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

State Of Mind, Salah Satu Kunci Riding

billy - Sabtu, 10 September 2011 | 10:54 WIB
No caption
No credit
No caption


Dalam segala kondisi, tetap enjoy
Ayo kita bandingkan peristiwa yang sama dengan jalan pikiran yang berbeda. Misal sampeyan riding dari titik Jakarta ke Jogja. Untuk jalan pikiran pertama, brother selalu memikirkan Jogja. Di tiap kilometer yang dilalui, pikiran adalah kapan sampai ke tujuan. Terbayang keindahan Kota Gudeg, kamar hotel yang empuk dan sejuk, lesehan di Malioboro atau asyiknya masuk keraton.

Baru di Parung, hujan mengguyur, badan basah semua, sampeyan berteduh karena takut masuk angin. Menunggu 2 jam sampai hujan berhenti, dalam kelelahan yang sangat, lalu melanjutkan perjalanan.

Di Bogor jalanan macet parah, cuaca mendadak terik, jalur bergelombang dan banyak lubang besar menganga. Terus ke Puncak Cianjur, jalanan kembali basah, kabut turun dan dingin menggigil. Berteduh di warung kecil dan kembali lagi merasakan penyiksaan yang sangat.

Sungguh melelahkan, apalagi jarak tempuh masih sangat jauh. Untuk ke Jogja, kita harus melalui Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar Patroman dan baru masuk wilayah Jawa Tengah. Betul-betul siksaan!

Coba rasakan cara berpikir kedua. Saat di Jakarta, kita tidak memikirkan Jogja. Yang kita pikirkan adalah, asyiknya jalan lurus di wilayah Parung, menikmati hijaunya dedaunan yang ada di sepanjang jalan.

Pas diguyur hujan, kita tersenyum, syukurlah dari tadi panas, badan kita diguyur hujan, Thank’s God! Dari situ kita tetap enjoy, apalagi pas terjebak macet di kota Bogor. Yap dapat kesempatan menikmati jalan pelan di sana, lihat neng geulis (cewek cantik) mahasiswi yang seliweran, sungguh karunia dan patut disyukuri. 

Keluar Bogor, menanjak di Puncak Cianjur, lanskap indah, kebun teh dan kabut yang menghibur hati. Boleh juga berhenti sejenak menikmati mie instan dan secangkir bandrek hangat.

Masuk Bandung, kota yang penuh pesona. Bisa sedikit merasakan dinamika penduduk kota. Kuliner yang asyik dinikmati dan wajah-wajah penduduk kota yang rata-rata fashionable.

Keluar Bandung, Tatar Priangan Timur yang memesona, Tasikmalaya, Ciamis Banjar dengan jalan berliku, asyik nian untuk riding.

“Nah semua itu ada dalam pikiran kita. Kalau kita pergi ke Jogja dan yang dipikirkan cuma Jogja saja, kalian merasa tidak sampai-sampai. Lama, jenuh dan lelah. Tapi kalau sepanjang perjalanan menikmati, tiap titik dirasakan, tiap keadaan, hujan, panas, dingin dinikmati maka baru terasa enaknya turing jauh. Kuncinya, semua ada dalam pikiran kita,” jelas Jeffrey Rony Polnaja, peturing dunia yang sudah  mengunjungi 72 negara naik BMW.

Sisi cara berpikir positif inilah yang kadang dilupakan para biker.  Padahal menurut Kang Jeje, apa yang terjadi di dalam pikiran kita menentukan keseluruhan kegiatan riding. “Membangun state of mind untuk menciptakan suasana enjoy adalah kunci penting keselamatan berkendara,” jelasnya.

Yang jelas membangun pola berpikir seperti ini bisa diterapkan dalam segala situasi. Bukan hanya saat turing jauh tentunya Keseharian pergi-pulang kerja, menghadapi macet, trouble mesin, atau jalan sepi, senantiasa memikirkan hal yang menyenangkan di atas motor membuat kita tidak mudah lelah juga stress.  

Pagi-pagi, hirup udara segar. Melihat hiruk pikuk lalu lintas, bisa jadi pemandangan menarik. Saat macet atau stuck, nikmati saja, lihat sekeli ling, ekspresi orang-orang yang kadang menghibur, pelihara imajinasi sobat hingga itu menjadi hiburan tersendiri.

Lelah sepulang kerja, riding malam hari dan sepi, nikmati kesendirian itu, dengarkan suara motor dan nikmati menuver di jalanan sepi. Semua hal yang kita hadapi pasti memiliki sisi baik dan menyenangkan.     (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa