Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Gantungan Kunci dan Plus Minusnya

billy - Rabu, 18 Mei 2011 | 09:56 WIB
No caption
No credit
No caption

Berbagai macam variasi buat motor banyak dijual di jalan. Seperti dengan halnya gantungan kunci.  “Gantungan kunci  hanya kunci kontak. Harganya juga cukup murah kok, tidak harus merogoh kocek terlalu dalam sehingga membobol kantong,” kata Bentar yang membuka peranti variasi kunci di Jl. Sulaiman Jayelani 2, Tangerang.

gantungan kunci ini banyak ragamnya. Mulai yang hanya model plastik dengan aneka pernik pemanis, sampai gantungan kunci fungsional dengan menambahkan dompet yang bisa dipakai untuk menyimpan STNK atau karcis parkir. Model seperti ini ada keuntungan dan juga memiliki kekuranga. Mari kita bahas satu per satu.

No caption
No credit
No caption

Gantungan Dompet

Peranti ini biasa dipakai buat gantungan kunci roda empat. Tapi pengendara  roda dua juga banyak memakainya. Bahannya ada yang dibuat dari kulit atau sintetis. Gantungan model dompet ini bisa menyimpan STNK atau karcis parkir. Semua berhubungan dengan surat penting bisa diselipkan di sini.

Kalau dipegang cukup enteng. Hanya saja saat menyimpan di kantong pakaian agak sedikit lebih besar sehingga kurang nyaman saat taruh di saku. Harga Rp 8 ribu sampai 10 ribu. Kekurangannya kalau hilang kunci, STNK pun ikutan raib

No caption
No credit
No caption

Model Kunci

Bisanya banyak juga yang pakai gantungan seperti ini. Kunci motor dijadikan satu dengan kawanan kunci lainnya. Ya kunci rumah, pagar, gembok dan lain sebagainya. Dengan begitu, bobot gantungan jadi lebih berat. Selain lebih berat, juga akan mengeluarkan bunyi berisik karena gesekan antara kunci lainnya.

Model ini bisa membuat rumah kunci jadi bekerja lebih berat. Jelas, karena dipaksa menahan bobot kunci lainnya. Model ini juga cenderung gak ada biayanya. Bisa dibuat sendiri asalkan memiliki sangkutan.

No caption
No credit
No caption

Tali Ikat Spion

Jenis gantungan tali seperti ini biasa dipakai pengendara yang lubang kunci kontaknya sudah longgar. Ribetnya kalau memakai gantungan model ini, ya memang harus terlebih dahulu dililitkan pada spion atau ke setang.

Kalau dipikir-pikir jenis gantungan yang menggunakan tali ini agak kurang nyaman dipakai. Karena selain bikin repot,  juga susah untuk dikantongin. Model ini sebetulnya bisa memanfaatkan tali ID card bekas. Atau bisa beli baru dengan bandrol di kisaran Rp 3 ribu-Rp 5 ribu. Tinggal tergantung pilihan.

No caption
No credit
No caption

Gantungan Besi

Kalau dilihat secara model dan bentuk, memang bagus. Tapi tetap terbilang berat. Sebenarnya sih simpel, tapi ya itu tadi hampir sama dengan bahan gantungan kunci model plastik. Gantungan besi ini dipastikan akan jadi lebih berisik daripada pakai gantungan plastik.

Untuk yang mau bawa pulang gantungan model logam ini, cukup menebusnya Rp 10 ribu-15 ribu. Harga memang sedikit lebih mahal dari gantungan kunci yang lain. Tapi bisa dipastikan jauh lebih awet.


Model Plastik

Peranti ini memang mudah untuk dilihat dan simpel untuk ditaruh di kantung. Plihan modelnya juga banyak dari bentuk atau pun warna. Harga jual berkisar antara Rp 3 ribu-Rp 5 ribu.

Model ini nggak tahan lama. Maklum bahan plastik gampang rusak, kena panas dan hujan. Untuk model ini dan model lainnya, STNK dan karcis harus simpan di tempat lain, semisal dompet terpisah. Karena itu, agak lebih aman kalau kunci hilang surat penting masih tetap ada.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa