Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Titik Balik Balap Skuter Semok

billy - Senin, 14 Maret 2011 | 23:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Lama tidak ngaspal, komunitas pembalap Vespa menggelar latihan bareng. Acara latihan digelar di sirkuit Gokart, Sentul, Bogor, Jawa Barat Rabu (23/2). Event dadakan ini sekaligus jadi  ajang nostalgia beberapa pembalap.

Setidaknya ada 15 skuter semok dengan beragam tipe seperti PS, Exclusive, Excel dan PX yang sudah dimodifikasi. Selain bodi  tentunya juga mesin.  “Motor ini sudah di bore up sampai 200 cc,” jelas Andi AJS, mekanik yang beralamat di Cibubur, Jakarta Timur.

Soal modifikasi, beberapa mekanik mengaku tidak terlalu sulit untuk membuat kencang motor bikinan Italia ini. Sebab, racing part-nya masih banyak dan mudah didapat.

No caption
No credit
No caption

 Latihan serius dengan perlengkapan komplet
Ajang latihan bareng ini diikuti pembalap asal Jakarta, juga wilayah lain seperti Cianjur dan Bandung. Awal terjalin kembali ketika mereka mengikuti balapan di Subang Februari lalu yang membuka kelas Vespa. “Setelah itu, kita kontak-kontakan. Sepakat untuk latihan,” tambah Agung koordinator tim balap Eleven CO.

Event di Subang, ini jadi titik balik pembalap skuter untuk kembali menjajal si semok. Rencananya, para pembalap ini telah menyiapkan 7 seri balap Vespa dalam tahun ini. “Sebanyak 5 seri kejurda dan 2 seri di MotoPrix,” kata Andi.

Untuk balapan terdekat ini akan berlangsung di Serang pada 12 Maret. “Sedang seri berikutnya pada 2-3 April di Tasikmalaya. Kami berencana ingin mengadakan kejuaraan serupa di Jakarta,” kata Agung.  

Saat ini tim balap Vespa sedang menyusun, regulasi baru yang berbeda dengan regulasi sebelumnya. “Akan ada kelas standar, kelas NBR selain juga FFA. Aturannya akan lebih ramah kepada pembalap pemula,” kata Agung. 


 Masih ada cover bodi tersisa untuk pesan sponsor
Untuk kelas standar ini, karbu maksimal berdiameter 20 mm, magnet standar Vespa tidak boleh dimodif, piston standar Vespa boleh dimodif, knalpot standar boleh dimodif. “Girboks bebas dan maksimal 4 speed. Bodi harus standar dan tidak boleh dimodifikasi,” rinci Andi lagi.

Sedangkan kelas NBR alias non blok racing ini memiliki aturan yang sedikit lebih longgar. Yakni karburator bebas, magnet bebas, piston bebas dengan maksimum diameter 62 mm, knalpot bebas, head silinder standar boleh dimodif. Bodi boleh dimodifikasi blok silinder maksimal lubang 3 dan boleh dimodifikasi.

Untuk kelas free for all (FFA) lebih longgar. “Spesifikasi mesin bebas. Kelas ini memang ditujukan untuk pembalap seeded,” bilang M. Fadli yang juga ikutan ngegas skuter semok!  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa