Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Quantum Leap, HD Custom Berpenggerak Roda Depan

billy - Selasa, 15 Februari 2011 | 12:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pasti tak banyak builder yang berpikiran terbalik layaknya Eddie Meeks. Pria yang pernah menjadi pembuat gitar ini, sengaja membalik kemudi motor custom-nya menjadi di roda belakang dan transfer tenaganya lewat roda depan!

Dilihat sekilas, motor yang diberi nama Quantum Leap ini memang terlihat aneh karena roda depannya jauh lebih besar ketimbang roda belakang. Ban berukuran 360mm ada di depan. Sedang ban belakangnya yang untuk merubah arah malah pakai ban depan.

Untungnya Eddie Meeks membuat desain body yang futuristik. lengkungan panjang dari tanki sengaja diciptakan hingga menutupi ban depan yang terlampau lebar. Secara keseluruhan desainnya tampak layaknya sepeda motor masa depan.

No caption
No credit
No caption

Lalu bagaimana caranya, motor yang berbasis mesin Harley-Davidson ini bisa berpindah penggeraknya ke depan. Padahal Harley-Davidson punya gear box di belakang.

Rupanya Eddie Meeks menggunakan Baker Five-Speed Right-Side Drive transmission. Dari gearbox di posisi belakang mesin. Dibuatlah sebuah poros seperti gardan yang menggerakan roda depan.

Sedang untuk kemudi di roda belakangnya, digunakan sistem hidrolis untuk menggerakan roda ke kanan dan kiri. Ada dua dual action hydrolic piston cilinder yang men-direct perintah dari setang ke roda belakang.


Sehingga lebih praktis karena, tidak perlu membuat mekanisme penghubung langsung dari setang ke poros di roda belakang. Meski begitu, handlingnya diyakini menjadi berbeda dan perlu adaptasi untuk bisa mengendarainya.

Dengan hasil ini Eddie Meeks menduduki posisi ke 7 Freestyle Class pada kontes modifikasi, AMD World Championship of Custom Bike Building. Berminat untuk membuat yang sama? (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa