Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Avanza Rangsang Pertumbuhan Mobil Segmen Low MPV

Rabu, 5 Februari 2014 | 11:05 WIB
Toyota Avanza 2014
Toyota
Toyota Avanza 2014

Toyota Avanza 2014
Toyota
Jakarta - Diakui atau tidak, data menunjukan bahwa kinerja Toyota Avanza memang telah menjadi fenomena tersendiri bagi sejarah otomotif nasional. Mobil ini tercatat sebagai paling sukses dalam menerobos pasar dan menyemarakan industri otomotif Indonesia.  
 
Sejak awal kemunculannya, Avanza terus bertahan di posisi puncak pada peta produksi dan penjualan otomotif nasional. Begitu masuk pasar, Avanza langsung berhasil mendongkrak pertumbuhan segmen pasar low MPV. 
 
Total penjualan segmen low MPV yang semula hanya  39.730 unit pada 2003, melonjak hampir 3 kali lipat pada 2004 menjadi 114.109 unit. Sebagian besar pertumbuhan itu berasal dari penjualan Avanza yang mencapai 43.936 unit dengan market share 38,5%. 
 
"Kinerjanya (Avanza) ini membuat mobil ini sering dianggap oleh media sebagai pionir  dalam menngerakkan pasar segmen low MPV nasional," ujar Rahmat Samulo, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (5/2) 
 
Terakhir pada 2013 lalu, menurut data yang dihimpun oleh Gaikindo, penjualan Avanza mencapai 213.458 unit dengan pangsa pasar 49,2% di segmen low MPV. Angka ini jauh di atas penjualan pesaing terdekat seperti Daihatsu Xenia sebesar 64.611 unit  dengan  market share 14,9% dan Suzuki Ertiga 63.318 unit  dengan market share 14.6%. 
 
Angka pertumbuhan penjualan yang tinggi, tidak hanya menjadikan Toyota Avanza sebagai market leader di segmennya saja, tapi juga telah menempatkan mobil ini  sebagai kontributor terbesar pada pertumbuhan total penjualan maupun produksi otomotif nasional. 
 
Dengan pangsa pasarnya yang besar, angka penjualan Avanza memberikan sumbungan sangat signifikan terhadap pertumbuhan penjualan mobil secara keseluruhan. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa