Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Yaris Baru Punya Predikat "Serba Lebih" Dari Sebelumnya

Rabu, 23 Oktober 2013 | 15:44 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Thailand - All New Toyota Yaris yang sudah diluncurkan di Thailand (22/10) dan di Indonesia direncanakan tahun depan, ternyata menyandang predikat "serba lebih" dari model sebelumnya. Terutama, dari sisi eksterior sangat berbeda sekali, baik yang di Thailand maupun yang bakal masuk ke Tanah Air bakal sama karena merupakan desain global.

Dari tampilan depan, tampak kap mesin tidak lagi landai. Ini pengaruh dari dimensi Toyota Yaris baru yang lebih besar. Dengan panjang keseluruhan 4.115 mm, pantas kap mesin tidak landai karena lebih melar 315 mm dari Yaris sebelumnya. Termasuk overhang depan lebih panjang 150 mm.

No caption
No credit
No caption

Kecuali tinggi, dengan 1.475 mm, Yaris baru ini lebih rendah 45 mm, tapi jarak sumbu roda yang 2.550 mm justru lebih lebar 90 mm. Kombinasi ini membuat ruang penumpang belakang lebih lega. Ditambah, overhang belakang yang 690 mm (lebih panjang 120 mm) membuat ruang bagasi yang 734 mm lebih luas 140 mm. 

Desain gril model trapesium yang tipis, pada bagian tengah terdapat lempengan panjang yang tebal sampai ke bawah membelah bemper menyerupai kumis. Plus, air dam yang lebar dipadu model lampu lancip ke belakang mengesankan Toyota Yaris baru ini sangat sporty. 

Kesan itu kian kuat dengan desain lampu melancip ke belakang. Trus, tarikan garis di atas kap mesin menyiratkan hatchback ini punya tenaga lebih baik dari model sebelumnya.

Dari ruang mesin, teronggok jantung pacu tipe 3NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVTi. Mesin berkapasitas 1.197 cc ini mampu menghamburkan tenaga maksimum 86 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 108 Nm di 4.000 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui transmisi matik yang dilengkapi teknologi Super CVT-I dengan shift lock.

Bagaimana dengan Indonesia? Untuk tampilan eksterior hampir bisa dipastikan sama karena merupakan desain global. Sementara mesinnya, menurut sumber dari Toyota Indonesia, tidak mungkin memakai mesin tersebut. Karena, katanya, Toyota sendiri sedang memasarkan Etios Valco bermesin 1.200 cc. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa