Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Kopling dan Sektor Kaki-Kaki Toyota Yaris

Editor - Jumat, 1 Oktober 2010 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Setel Kopling
Biasanya penyetelan kopling Toyota Yaris jarang dilakukan. Durabilitas mesin 1NZ-FE sepertinya tidak terlalu memberatkan kampas kopling.

"Pengecekan kopling biasanya dikerjakan sekaligus servis rutin 40 ribu," jelas Bungkus Suprapto, instruktur dari Toyota Auto2000 cabang Bekasi Timur. Pekerjannya meliputi kuras minyak dan setel ketinggian pedal kopling.

Walau begitu, menyambut persiapan mudik, bukan tak mungkin setel kopling dikerjakan sendiri loh. Cukup bermodalkan kunci pas dan ring ukuran 12 mm dan 14 mm. Selanjutnya tinggal lihat kolong dasbor untuk menyetelnya. Di bagian atas pedal kopling terdapat mur untuk menyetel ketinggiannya. "Mur 12 mm untuk penguncinya, sedang mur 14 mm untuk stopper-nya," lanjut pria yang akrab disapa Bungkus ini.

Menyetelnya perlu kerjasama dengan pengemudi yang terbiasa menyetir Yaris. "Soalnya tidak ada patokan resmi untuk ketinggian pedal kopling, jadi tergantung karakter pengemudi yang biasa nyetir," ujar warga Bekasi ini. Maksudnya, pengemudi harus benar-benar merasakan langsung seperti apa ketinggian pedal yang diinginkan.

Caranya mudah kok. Pertama tengok kolong dasbor terus lihat 2 buah mur pengunci di atas pedal. Ukurannya berbeda tapi ya. Setelah mengendorkan mur 14 mm sebagai stopper-nya, lalu putar mur ukuran 12 mm. "Putar ke arah kanan untuk meninggikan setelan pedal, begitu sebaliknya," lanjut Bungkus lagi. Semakin ke kanan maka mur tersebut akan mendorong push-rod semakin panjang.

No caption
No credit
No caption

Sokbreker
Jika berniat mengganti atau membeli sokbreker depan Yaris, pastikan melakukan survei pasar terlebih dulu, karena produk orisinal belum tentu lebih mahal ketimbang versi aftermarket. Kecuali bila menginginkan produk dengan spesifikasi di atas sok standar.

Suspensi depan Toyota Yaris berdesain MacPherson strut. Artinya sokbreker dan per keong menjadi satu kesatuan. Tak heran bila sok sudah dilengkapi mangkok dudukan per spiral. "Sok asli Toyota Rp 431 ribu per buah, sementara sok aftermarket seperti Tokico dibanderol Rp 460 ribu perbuah," jelas Lenny dari Cahaya Baru di sentra onderdil Duta Mas.


Pilihan Ban
Untuk Yaris yang sudah berusia lanjut, biasanya ban jadi hal pertama yang terlihat mata. Standarnya ada 2 pilihan ban merek Bridgestone Potenza RE080 atau Dunlop SP2030, keduanya memiliki ukuran sama yakni 185/60R15.

Ukuran yang terpasang agak tidak lazim mengingat dimensi city car Yaris yang mungil, sementara ring 15 inci yang terpasang justru sering ditemui di jenis MPV. Tapi jangan ragu kalau ingin ganti ban, di pasaran tersedia banyak pilihan merek dengan rentang harga bervariasi.

Dana sudah berkurang karena beli oleh-oleh mudik? Selama masih ada di ambang batas TWI (tread wear indicator), tak masalah ganti ban 2 buah dulu. "Tapi ban yang baru ditaruh untuk bagian belakang ya," ucap Zulpata Zainal, tire evaluation PT. Bridgestone Tire Indonesia.

"Kalau untuk Bridgestone Potenza RE080 atau Dunlop SP2030 harganya sudah di atas Rp 700 ribu," terang Yotam, manajer Century Ban di Jl. Lapangan Bola No.48, Jakbar. Tapi tenang saja, ada juga pilihan ban lain misal merek GT Radial seri Champiro BXT atau Accelera RHO, dengan ukuran yang sama. Harganya masih berkisar di angka Rp 500 ribu per buah.

Data Spesifikasi

Panjang: 3.750 mm

Lebar: 1.695 mm

Tinggi: 1.520 mm

Wheelbase: 2.460 mm

Mesin: 1NZ-FE, 4 silinder segaris, DOHC, VVT-i

Kapasitas: 1.497 ccc

Tenaga maksimum: 109 dk/6.000 rpm

Torsi Maksimum: 14,4 kgm/4.200 rpm

Suspensi depan: MacPherson Strut

Suspensi belakang: Torsion beam, per keong

Rem depan/blk: Cakram ventilasi/teromol (ABS, EBD, BA)

Penulis/Foto: Manut, Kl:X, Rio / Toyota, KLX, OD, Dolok

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa