Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Body Mobil Kena Noda Aspal Selama Perjalanan Mudik? Ini Solusinya

Editor - Jumat, 24 September 2010 | 08:44 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

OTOMOTIFNET - Tak kelar di interior, eksterior alias bodi jangan sampai ketinggalan menjalankan proses pemeriksaan pasca mudik. Apalagi kalau sepanjang perjalanan masih sering menemui pekerjaan jalan yang belum selesai, bisa dipastikan banyak noda aspal yang menempel di bodi samping. Tambah lagi buat yang berpergian malam hari, biasanya banyak serangga yang menempel di kaca depan termasuk lampu.

Membersihkannya gampang-gampang susah. Maksudnya gampang karena sekarang banyak obat poles sejenis bug and tar remover yang harganya berkisar Rp 90 ribu. Bisa jadi susah kalau noda terlanjur membekas lama dan perlu tenaga ekstra sampai benar-benar hilang. Apalagi kalau ditambah kena serempet kendaraan lain pas ketemu pasar tumpah yang kondisinya ramai.

Sekadar membersihkan noda sisa aspal dan seranggan cukup dengan bug and tar remover menggunakan kain lap (Gbr.1). "Sebaiknya pakai lap jenis micro fiber supaya tidak meninggalkan garis-garis halus di bodi," wanti Daniel Saputra, product specialist Meguiar's di bilangan Radio Dalam, Jaksel. 

No caption
No credit
No caption

Gbr 2

Gbr 3

Semprot obat poles di sekitar noda, dan gosok dengan gerakan melingkar sampai noda benar hilang. Kalau masih membandel, tambahkan obat poles dan gosok ulang perlahan. Tak perlu tenaga berlebih supaya debu halus tidak semakin menggesek bodi. Perhatikan detail sekitar bodi termasuk pelek yang acapkali kena noda (Gbr.2).

Beda perlakuan kalau bodi sampai kena serempet. Kalau cat tergores kecil, masih bisa ditambal pakai cat cadangan yang biasa diberikan ketika penyerahan unit baru. Tapi di pasaran sudah banyak cat tambal bodi berbentuk seperti kuteks wanita yang mudah dipakai (Gbr.3).

Penulis/Foto: Rio / Salim, Dolok, f.Yosi

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa