Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Maksimalkan Audio Proton Exora Dengan Tambah Peredam

Editor - Jumat, 16 Juli 2010 | 09:29 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - MPV (Multi-Purpose Vehicle) Malaysia yang diageni PT Proton Edar Indonesia (PEI) selaku ATPM Proton di Tanah Air, bisa dijadikan pilihan sebagai mobil keluarga masa kini.

Pasalnya Proton Exora sudah dibekali fitur safety standar mumpuni macam dual airbags serta ABS-EBD, dengan desain interior yang cukup memuaskan penggunanya. Seperti jok model captain seat, AC di tiap baris bangku serta dimensi kabin yang tergolong luas di kelasnya.

Namun begitu, beberapa pemilik MPV 7-seater ini tak lantas semuanya merasa puas. "Suara audio masih kurang maksimal kalau dalam kecepatan tinggi, karena road noise masih tersa di kabin," ungkap Chris Herman Gunawan, pemilik Exora 1.6 AT Supreme ini.

Menurut Chris sapaannya, pelat bodi Exora tergolong tipis. Alhasil efek getaran berlebih ketika mobil melaju kencang sangat dominan, dan berimbas pada berkurangnya kualitas akustik kabin.

No caption
No credit
No caption

Pelapisan peredam bagian sepatbor di kabin sangat membantu mengurangi efek road noise
No caption
No credit
No caption

Midbass tak perlu dibikinboks, supaya orisinalitas tetap terjaga
No caption
No credit
No caption

Head unit Clarion bawaan Exora enggak perlu diganti, supaya fungsi Bluetooth buat nelp tetap berfungsi
No caption
No credit
No caption

Salah satu produk speker 2-way yang dapat dicangkokan di kabin Exora

Upgrade paling ideal, menurut Hongyono Candra dari Prisma Autosound, mesti membungkus ulang sekujur kabin dengan peredam tambahan. Hal ini berfungsi untuk mengoptimalkan kualitas suara, yang sangat dipengaruhi tingkat ketenangan kabin itu sendiri.


Frekuensi nada rendah masih sanggup diladeni subwoofer tipe aktif

Untuk level awal, pelapisan peredam cukup di bagian panel pintu serta lantai. Pertimbangannya, pelat pintu rentan terhadap getaran selama mobil berjalan. Selain itu, rembesan efek road noise lebih banyak berasal dari lantai kabin.

Lantaran enggak mau kerja dua kali, Chris minta supaya Exora miliknya dilapis seluruhnya dengan peredam. "Mulai firewall, sepatbor depan-belakang, lantai, panel-panel pintu termasuk backdoor dan plafon semuanya dikasih peredam," jelas Ahong, sapaan instalatur yang selalu utamakan unsur daily use dan kepraktisan ini.

Peredaman di sekujur kabin mampu menciptakan tingkat akustik lebih tinggi. Sehingga kualitas suara lebih optimal dan otomatis bisa didengarkan lebih nyaman, mulai baris pertama sampai posisi penumpang paling belakang sekalipun

Penulis/Foto: Anton / F.Yosi, Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa