Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tune Up Toyota Yaris, Harus Setiap 50 Ribu KM

Editor - Senin, 12 Juli 2010 | 10:19 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - TUNE UP KIT
Tune up besar Toyota Yaris lazim menghabiskan dana Rp 1,8 juta untuk servis berkala 50 ribu kilometer. Biaya ini termasuk spare parts dan jasa seperti filter oli, oli transmisi,  busi dan  minyak rem.

Busi lazim ditawarkan seharga Rp 50 ribu (4 buah) dan filter oli genuine Toyota berwarna hitam dibanderol Rp 60 ribu. “Penggantian fast moving ini wajib dilakukan setiap 10 ribu kilometer supaya mobil awet,” ujar I Wayan Merta Yoga, kepala bengkel resmi Toyota Auto 2000 Pondok Indah.

Sementara filter udara orisinal dihargai Rp 191 ribu dan perlu penggantian lebih cepat mengingat kontaminasi udara yang cukup parah akhir-akhir ini.

No caption
No credit
No caption

FILTER BENSIN
Toyota Yaris dengan masa usia pakai 4-5 tahun, sudah waktunya bersiap dengan penggantian saringan bensin model in-tank (di dalam tangki bahan bakar).

Sayangnya, tak semua bengkel resmi Toyota menyediakan suku cadang senilai Rp 2 jutaan ini. Kalaupun ada, harus melakukan inden cukup lama.

Padahal, bahan bakar yang baik sangat bergantung dari fuel filter. “Jangan tunda sebelum bahan bakar merusak sistem injeksi,” ujar Taqwa dari Garden Speed.

Putra Agung Motor di Sentra Onderdil Palmerah, Jaksel, menyediakan filter bensin asli (impor dari Thailand) seharga Rp 900 ribu.

BRAKE PADS
Sudah menjadi rahasia umum, Yaris matik lebih cepat menghabiskan kampas rem. Ini karena frekuensi menginjak pedal rem lebih banyak ketimbang versi manual.

“Sebaiknya lakukan pengecekan setiap 10 ribu km,” saran Sapta Agung, kepala bengkel Toyota Auto 2000 Puri Kembangan, Jakbar.

Kampas rem depan tipe S dibanderol Rp 680 ribu dan tipe E sekitar Rp 630 ribu. Sementara kampas rem belakang versi cakram (tipe S) dipatok Rp 789 ribu.

Semuanya adalah harga eceran tertinggi untuk komponen orisinal dan belum termasuk jasa pengerjaan di bengkel resmi.

Penulis/Foto: Kl:X, Daru, Dustin / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa