Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kaki Kaki Toyota Yaris Juga Perlu Diperhatikan

Editor - Senin, 12 Juli 2010 | 08:52 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - BOOT AS RODA
Namanya juga karet, pastinya rentan dengan kondisi ekstrem. Perilaku mengemudi yang buruk, kualitas jelek gemuk pelumas as roda atau tertusuk benda tajam, bisa membuat karet boot as-roda rusak.

Efeknya jelas, gemuk pelumas tercecer dan kotoran mulai menyusup ke as-roda. Urusan jadi runyam bila as roda bunyi berderik.

Daftar belanja dijamin membengkak karena karet boot as roda versi orisinal saja dibanderol Rp 770 ribu (sepasang) per roda. Berarti untuk sepasang roda depan bisa mencapai Rp 1,5 juta.

Belum lagi belanja as roda yang menjadi menu utama dalam perbaikan drive train. Perbuahnya bisa mencapai harga 2 jutaan.

No caption
No credit
No caption

SOKBREKER
Suspensi depan Toyota Yaris mengandalkan model MacPherson strut. Artinya sokbreker dan per keong menjadi satu kesatuan.

Tak heran bila sokbrekernya sudah dilengkapi mangkok dudukan per bagian bawah. Kalau mau membeli, pastikan melakukan cek pasar terlebih dulu, karena produk orisinal belum tentu lebih mahal ketimbang versi aftermarket.

“Produk asli Toyota dibanderol Rp 431 ribu per buah, sementara sokbreker aftermarket seperti Tokico dijual seharga Rp 460 ribu perbuah,” jelas Agung dari Putra Agung Motor, Jaksel. Sesuaikan dengan kebutuhan karena umumnya sokbreker aftermarket memiliki karakter lebih spesifik ketimbang versi pabrikan.

LAHER RODA
Bearing roda depan yang menjadi tumpuan utama kaki depan Toyota Yaris, juga memiliki usia pakai. Untuk besutan berusia 4 tahun, barangkali sudah waktunya melakukan penggantian.

Harganya tak terlalu mahal, sekitar Rp 250 ribu untuk produk afetrmrket seperti NSK atau Koyo. Sementara produk asli Toyota alias genuine product dibanderol sekitar Rp 500 ribu, belum termasuk ongkos bongkar pasang.

Pemilik tinggal pilih saja, mau parts asli dengan kualitas barang yang terjamin atau merek aftermarket yang kualitasnya belum tentu sebaik genuine parts, namun dengan banderol harga setengahnya.

Penulis/Foto: Kl:X, Daru, Dustin / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa