Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lapisi Setir Honda Freed Dengan Kulit

Editor - Rabu, 7 Juli 2010 | 19:07 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Meski usianya belum genap setahun, namun beberapa pemilik Honda Freed sudah ada yang merasa bosan dengan tampilan standar interiornya.

Pertimbangannya, menurut Hendy Wirawan, banyak pelanggannya yang beranggapan kalau nuansa kabin bawaan Freed masih terkesan sangat simpel. "Biar sepadan dengan harganya yang di atas Rp 200 juta itu," ungkap pemilik gerai Cabin car leather seat di Jl. Karang Tengah No.11B, Bona Indah, Lebak Bulus, Jaksel ini.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

Sebelum proses penggarapan dilakukan, Ndoy sapaannya mewanti agar pemilik Freed tipe PSD (Power Sliding Door), mesti memperhatikan langkah bongkar-pasang setir agar tidak merusak fitur airbag pada setir (Gbr.1).

Menurut Ndoy, bagian airbag pada setir Freed didesain model fleksibel. "Kabel kelistrikan di setir enggak boleh salah memasangnya, supaya fungsi airbag tetap normal," tandasnya.

Lanjut dengan proses melapis ulang sekujur bodi setir pakai material kulit asli. Ada beberapa pilihan bahan di pasaran seperti produk dari Auto Leder, Abrossco, Mastroto dan DLO (Gbr.2). Harga tiap merek termasuk ongkos pemasangan dipukul rata, Rp 750 ribu.  

 Kenapa tidak pakai bahan kulit sintetis saja? 'kan harganya bisa lebih terjangkau "Bisa saja pakai bahan imitasi, tapi mayoritas pemilik Freed yang datang ke saya minta dipasangin bahan kulit asli. Mengingat materialnya tidak mudah hancur, dan proses pemasangan setirnya juga tergolong sulit," jelas pehobi skuter ini.

 Perlu diketahui kalau interior Freed didominasi kelir bernuansa gelap, terutama di bagian doortrim serta dasbor. Untuk itu perlu memadu-padankan warna bahan kulit yang akan dipasang pada setir. Termasuk untuk pelapis jok, karena sudah banyak yang mengganti lapisan bangku standar dengan warna senada setir.

 Berangkat dari kondisi tadi, Ndoy menyediakan pilihan warna menyesuaikan bawaan interior Freed, yaitu kulit warna abu-abu dan hitam. Pertimbangannya, kelir kelabu untuk mendekati nuansa pada dasbor maupun doortrim, yang beberapa panelnya dihiasi warna silver. Sedangkan warna hitam, bisa masuk hampir di semua jenis warna.

Padu-padan warna sangat diperlukan untuk membuat kesan elegan lebih mencolok di kabin Freed. Pasalnya jika kelir bahan yang digunakan terlampau mencolok atau ekstrem, seperti merah atau jingga, justru bikin tampilan enggak keruan.

Di samping itu pemilihan benang jahitan juga mesti diperhatikan. Ndoy mem­be­da­kannya dengan pemilihan warna abu-abu muda, baik untuk pemakaian bahan kulit kelir kelabu maupun hitam. Model jahitan juga dibikin lebih menarik, namun tetap utamakan unsur presisi dalam pengerjaannya agar tidak mudah sobek atau terkelupas (Gbr.3).

Nah tampilan setir Freed pastinya akan terlihat lebih keren. Sebab tidak lagi terkesan kaku, tapi sudah punya aksen lebih elegan (Gbr.4)

Penulis/Foto: Anton / Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa