Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengecekan Kaki-Kaki Suzuki Grand Vitara, Ini Harga Komponennya

Otomotifnet - Kamis, 18 Maret 2010 | 10:37 WIB
Pengecekan Kaki-Kaki Grand Vitara, Apa Saja?
Pengecekan Kaki-Kaki Grand Vitara, Apa Saja?

OTOMOTIFNET - Peredam kejut yang mengandalkan sistem McPherson strut ini pasti punya lifetime terbatas.

Apalagi kalau mobil memang sering dipakai sesuai peruntukannya, sebagai SUV segala medan.

Sokbreker orisinal yang masih asli Jepang ini dibanderol Rp 660 ribu/buah (depan) dan Rp 213 ribu/buah (belakang).

Di sentra onderdil  sudah banyak ditawarkan sokbreker aftermarket dengan harga lebih murah. Tetapi umur pakai belum tentu lebih awet ketimbang versi Jepang. “Merek Kayaba Ultra Gas seharga Rp 900 ribu untuk depan (sepasang) dan belakang Rp 410 ribu (sepasang),” jelas Hadi dari Hasbana Parts, penjual sokbreker online.

Karet Support

Terkadang, efek dari sering melewati jalan jelek tak melulu kalah pada bagian sokbreker atau bushing arms. Kalau mau lebih jeli, bunyi gluduk-gluduk saat melewati jalan jelek atau berlubang, bisa  berasal dari karet mounting support atas sokbreker.

Meski tergolong slow  moving parts, bisa saja afkir kena hantaman beban roda selama bertahun-tahun. Penumpu bagian atas batang sokbreker ini terbuat dari karet keras yang bagian tengahnya dilengkapi bearing yang duduk di mangkuk (rumah) besi .

Bila pada bagian ini sudah oblak, baik karena karet yang sudah pecah atau bearing yang sudah mulai aus, dipastikan menjadi sumber bunyi gluduk-gluduk.

Siapkan saja dana Rp 213 ribu untuk sebuah karet support. Tetapi disarankan untuk mengganti sepasang karet mounting support agar umur pakai selalu sama.

Laher Roda

Jangan anggap remeh komponen bearing yang menumpu roda depan dan belakang pada Suzuki Grand Vitara ini. Karena laher roda masih genuine SGP non-L (bukan komponen lokal), usia pakai keempat laher roda sangat lama.

Apalagi kalau Vitara hanya dipakai untuk menjemput anak sekolah atau dipakai ngantor. Selama tak pernah atau jarang terendam air dalam waktu lama atau lebih sering melindas aspal mulus, dijamin awet.

“Tetapi bisa menjadi bumerang bila Grand Vitara kesayangan pakai pelek besar dan ban lebar,” jelas Dax Andree dari bengkel off-road Autocraft di bilangan Haji Nawi, Jaksel. Umur pakai laher roda dipastikan lebih pendek.

Harganya mencapai Rp 400 ribuan. Namun selalu ada cara murah dengan membawa contoh atau mencocokkan nomer seri laher roda ke toko spesialis laher.

Penulis/Foto: Kl:X / KLX

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa